Pasca Tiga Warga Bangkalan Positif Covid-19, semua pelintas pengendara Suramadu wajib Screening

Posko Screening Covid-19 di pintu akses Jembatan Suramadu

Bangkalan, maduracorner.co – Pasca tiga warga yang dinyatakan positif Virus Corona atau Covid-19, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan, melakukan sederet upaya untuk pencegahan Virus Corona yang mematikan itu.

Salah satunya mendirikan Posko Screening Covid-19 di pintu akses Jembatan Suramadu, berlokasi Desa Morkepek, Kecamatan Labang Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur, semua pelintas pengendara diwajibkan screening terlebih dahulu.

Bupati Bangkalan yang sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangakalan, R Abdul Latif Amin Imron mengatakan, petugas dari tim gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan dan TNI/Polri, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan melakukan pemeriksaan setiap pengendara roda dua maupun roda empat dan penumpang yang akan masuk ke wilayah Kota Dzikir dan Sholawat Kabupaten Bangkalan.

“Seluruh pengendara dan penumpang kendaraan umum atau pribadi harus  dilakukan pemeriksaan dan pengecekan suhu tubuh dan disemprot disinfektan. Dan jika suhu tubuhnya di atas 37 derajat celcius maka disarankan untuk menuju puskesmas terdekat atau karantina mandiri terlebih dahulu,” tutur Bupati Bangkalan. Sabtu (11/4/2020).

Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron menambahkan, upaya ini dilakukan dalam rangka memastikan semua pengendara terbebas dari wabah Virus Corona atai Covid-19.

“Apalagi Kabupaten bangkalan sudah masuk zona merah ditambah banyak masyarakat yang mudik. Maka perlu kita proteksi dari awal. Screening ini akan berlangsung selama 14 hari ke depan. Tergantung kondisi nantinya,” ujar Ra Latif sapaan akrab Bupati Bangkalan.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menuturkan, pos pantau Covid-19 juga difungsikan sebagai pos mudik 2020, dengan melakukan penyekatan dan pemeriksaan.

“Setiap hari, personel gabungan yang bertugas sebanyak 45 personel tim gabungan terdiri dari seluruh elemen TNI, Polri, Dinas Perhubungan, BPBD, Dinas Kesehatan, termasuk relawan, mereka bertugas secara bergantian,” tandasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia