Pasien DBD Di BRSUD Syamrabu Mebludak Lagi

635 views

 

Pasien DBD Membludak   | oleh Al

 

nyamuk Aides-Aigypty penyebab DBD-Foto :Ilustrasi/MC.com

nyamuk Aides-Aigypty penyebab DBD-Foto :Ilustrasi/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– Setelah sempat menurun pada bulan Januari hingga Pebruari, Pasien demam berdarah dengue (DBD) yang di rawat di BRSUD Syamrabu Bangkalan kembali membludak. sejak awal bulan Pebruari lalu sedikitnya sudah 60 pasien DBD di menjalani rawat inap.

Banyaknya pasien DBD di BRSUD Syamrabu itu, membuat ruang perawatan anak penuh karena pasien DBD mayoritas anak anak. sebagian pasien sudah dipulangkan, namun puluhan pasien masih di rawat karena kondisinya tergolong akut karena terlambat di bawa ke rumah sakit.

Direktur BRSUD SYamrabu Bangkalan, drg Yusro menjelaskan, banyaknya pasien DBD yang masih di rawat, mengakibatkan ruang perawatan penuh. apalagi banyak keluarga pasien yang ikut berada di dalam ruangan. Akibat banyaknya keluarga pasien membuat ruang rawatt inap pengap dan banyak keluarga pasien memilih membawa anaknya yang terkena DBD keluar ruangan. “Diluar mereka membawa selang infuse,” kata Yusro.

Dijelaskan Yusro, untuk memenuhi kebutuhan tempat tidur pasien yang kurang, pihak rumah sakit menambah kasur agar pasien DBD tidak nekat tidur di lantai. “Kita menambah tempat tidur untuk pasien,” jelas Yusro.

Lebih lanjut Yusro menjelaskan, untuk mencegah agar DBD tidak mewabah, masyarakat di himbau  menutup lubang yang berisi air,  mengubur barang bekas agar tidak ditempati nyamuk untuk berkembang biak. “Penyakit yang disebabkan gigitan nyamuk Aides Aigypty ini, memiliki gejala demam tinggi disertai  mual dan keluar bintik bintik  merah di beberapa bagian tubuh, jika pasien DBD sudah tergolong parah,” pungkas Yusro. (al/min)

 

 

Email Autoresponder indonesia