Pasien Rawat Inap DBD DI Puskesmas Tanjung Bumi, Over Load.

570 views
tampak pasien DBD di Puskesman tanjung Bumi membludak

tampak pasien DBD di Puskesman tanjung Bumi membludak.mc.com/Sumaryanto

Maduracorner.com,Bangkalan- Pasien Demam Berdarah Dengue (DBD) yang menjalani rawat inap di Puskesmas Kecamatan Tanjung melebihi kapasitas ruangan dan tempat tidur yang tersedia di Puskesmas tersebut. Akibatnya 10 orang pasien DBD harus dirawat diluar ruang puskesmas. “Akhirnya, dengan sangat terpaksa sebanyak 10 pasien kami rawat diluar ruangan,” ujar salah seorang perawat, Hartini kepada Mc.com,Rabu,(9/1/2013).

Dijelaskan Hartini, daya tampung pasien rawat inap yang ada di Puskesmas hanya. 8 tempat tidur, sedangkan pasien DBD yang datang ke UGD  sejak kemarin malam berjumlah 17 orang. Belum termasuk 1 pasien anak-anak yang positif menderita typhus.

Lebih Hartini menjelaskan, pasien rawat inap diawal tahun 2013 ini memang meningkat jika dibandingkan dengan tahun 2012, sebab sebelumnya pasien puskesmas tanjung Bumi tidak pernah sampai melebihi kapasitas ruang inap yang ada. “Penyakit musim hujan yang namanya DBD itu memang sulit ditebak dan sangat tergantung dari kebersihan dilingkungan tempat tinggal warga,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Tanjung Bumi, Suroso, membenarkan jika ada pasien yang dirawat diluar runagan. Cuma dari 17 pasien DBD, 3 orang sudah diizinkan pulang karena baru suspect DBD dan disyarankan untuk melakukan obat jalan. “Mudah- mudahan dalam waktu dekat ini Puskesmas Tanjung Bumi mendapat bantuan untuk dipakai membangun ruangan, agar diwaktu- waktu mendatang bisa menampung pasien rawat inap yang lebih banyak lagi,” pungkas Suroso.(yan/min).

Email Autoresponder indonesia