Pasukan Khusus Kepolisian Disiapkan Mengawal Pasangan Calon di Pilkada Bangkalan

BANGKALAN, MADURACORNER.COM – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan periode 2018 – 2022 yang akan berkompetisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 27 Juni 2018 mendatang, masing-masing akan mendapat pengawal pribadi dari anggota Polres Bangkalan.

“Kita siapkan 69 personel yang ditunjuk secara khusus dan akan dilatih dalam minggu ini,” jelas Kapolres Bangkalan, AKBP Anissullah M Ridha, usai gelar pasukan Operasi Mantap Praja Semeru 2018, Jumat (5/1/2018).

Menurutnya, pola yang diterapkan dalam pengawalan adalah sistem pengamanan melekat pada setiap calon. Pengaman semacam ini, akan diberikan mulai dari masa pendaftaran hingga proses pelantikan. Hal itu dilakukan demi menjaga keselamatan para calon.

“Untuk jumlah berapa anggota yang mengawal masing-masing calon masih kami kordinasikan,” imbuhnya.

Anisullah menjelaskan, secara keseluruhan personel kepolisian yang dikerahkan sebanyak 322 anggota dalam pengamanan pilkada serentak tersebut. Jumlah tersebut, belum termasuk pasukan dari TNI dan unsur lainnya.

“Nanti kamu juga melibatkan Brimob Polda Jawa Timur,” terangnya.

Selama pengamanan berlangsung, Anissullah menekankan kepada anggota untuk sigap melakukan deteksi dini agar lebih mudah dalam menangkal setiap gangguan. Terutama, saat menghadapi situasi gawat darurat harus bertindak secara responsif, cepat, efektif dan tegas sesuai prosedur.

“Tak kalah pentingnya menjalin sinergitas dengan semua komponen masyarakat dalam menciptalan keamanan dan ketertiban,” tandasnya. (*)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Achmad