SGB Bersih Dan Asri Tak Lepas Dari Peran Paskun BLH

676 views
Paskun, Unit Reaksi Cepat BLH di SGB. foto : aryan/mc.com

Paskun, Unit Reaksi Cepat BLH di SGB. foto : aryan/mc.com

Rutin Bersihkan SGB | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Menanjaknya prestasi sepak bola Madura tidak lepas dari keberadaan Stadion Gelora Bangkalan (SGB). Stadion yang menjadi home base Perseba dan Persepam Madura United (PMU) ini disebut-sebut menjadi salah satu dari 5 stadion terbaik yang ada di negeri ini. Fakta inilah yang membuat para Taretan Dhibik, tifosi sepakbola madura, nekad bela-belain datang ke SGB untuk memberikan dukungan langsung saat tim kebanggaan mereka berlaga.

Namun, sebagaimana yang terjadi di hampir semua stadion venue liga domestik, problem sampah menjadi ekses yang buruk. Sayangnya itu tidak berlaku bagi SGB yang selalu dalam kondisi bersih dan rapi.

Usut punya usut, ternyata kondisi itu tidak lepas dari peran pasukan kuning (paskun) Badan Lingkungan Hidup (BLH) Bangkalan. ujung tombak bidang kebersihan lingkungan itu ternyata rutin membersihkan areal pelataran SGB.

“Selain sesudah dan sebelum digelar pertandingan sepak bola, setiap minggu sekali  6-7 orang pasukan kuning bertugas bersihkan lapangan parkir SGB,” ujar Moh.Muklis salah satu petugas pasukan kuning BLH Bangkalan, Minggu (9/6).

Dijelaskan Muklis, sebenarnya tugas pengelolaan lingkungan seputar SGB itu adalah wewenang Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Dispora Budpar) Bangkalan. Namun, karena Dispora Budpar tidak memiliki pasukan kuning, maka dibuatlah MoU antara Dispora Budpar dengan BLH Bangkalan khususnya terkait kebersihan lingkungan parkir SGB.

Menanggapi itu, Kepala Dispora Budpar Bangkalan,Moh. Gufron saat dikonfirmasi mengatakan bahwa secara hirarkis SGB itu merupakan dari tanggung Dispora Budpar. Tapi soal menjaga kebersihan harus dilakukan perjanjian dengan BLH Bangkalan sebab Dispora Budpar tidak punya pasukan kuning.

“Antara saya dengan pak Hasan telah membuat kesepakatan bersama untuk mengatasi persoalan sampah di SGB,” terang Gufron.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia