Peduli Perekonomian Masyarakat, IMPB Gelar Dialog Publik Bersama Pemkab

Bangkalan, Maduracorner.com, Ikatan Mahasiswa Peduli Bangkalan menggelar dialog publik, bertemakan “Arah Perekonomian Kabupaten Bangkalan Pasca Pandemi” Senin (13/7/2020).

Langkah tersebut dilakukan IMPB guna mencari rancangan program yang solutif, untuk menuntaskan masalah ekonomi yang membelit mayoritas masyarakat Bangkalan pasca pandemi Covid-19 mendera Bangkalan sejak beberapa bulan terakhir.

A. H. Sofiyullah Mahasiswa Universitas Trunojoyo (UTM) Bangkalan yang didaulat sebagai moderator dalam Dialog Publik tersebut mengatakan, dampak global akibat pandemi COVID-19 sangat luas, tidak terkecuali ekonomi. Maka dari itu IMPB berinisiatif membahas dalam sektor perekonomian di Kabupaten Bangkalan.

“Kita temui dilapangan keluh kesah Masyarakat rata-rata permasalahan ekonomi, sehingga dalam kegiatan ini diharapkan dapat menjawab dan memberikan titik terang” ujarnya.

Dalam dialog itu, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron menyampaikan, berbagai macam usaha dan penanganan krisis perekonomian yang telah dilakukan Pemkab sejauh ini. Diantaranya adalah program ketahanan pangan sebagai kebutuhan pokok, contohnya adalah pendistribusian bibit udang yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Bangkalan walupun masih dalam tahap percobaan dan belum tersebar diseluruh desa yang ada di Kabupaten Bangkalan.

“Dari kami atas nama Pemerintah Kabupaten Bangkalan, memang belum secara maksimal atas keterbatasan ruang gerak kami, namun usaha sudah kami lakukan bahkan sebelum adanya pandemi ini. Salah satunya yang baru saja kami lakukan adalah pendistribusian bibit udang,” sambutnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua DPRD Bangkalan Ra. Fahad. Menurutnya, upaya pemerintah dan legislatif sejauh ini sudah saling bersinergi untuk menuntaskan permasalahan ekonomi.

“Segala upaya akan kami maksimalkan baik dalam pembangunan maupun perekonomian Bangkalan. Kami termasuk Bupati dan Kapolres sudah merancang program demi kesejahteraan masyarakat”, ujarnya.

Sementara itu, Kapolres Bangkalan AKBP Rama Samtama Putra menyampaikan, tak sedikit dampak perekonomian yang berujung pada gangguan Kamtibmas. “Seperti tindak kriminalitas, yang perlu diantisipasi dan tetap dijaga kita sejauh ini,” terang Kapolres.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangkalan, H. Mohni menyampaikan, untuk menjaga kestabilan dan kenyamanan masyarakat Bangkalan, Pemerintah Kabupaten Bangkalan terus berusaha langkah yang terbaik. Namun, semua itu tidak lepas dari kesadaran individu untuk selalu bersama-sama mematuhi protokol kesehatan.

“Saya berpesan kepada semua lapisan masyarakat agar tetap waspada, untuk mematuhi protokol kesehatan seperti, mencuci tangan, menjaga jarak dan memakai masker saat keluar rumah”, tutupnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia