Pejabat Nigeria Cek Korban Tragedi Mina, Sebut Ada 1.075 Jenazah

Pejabat Nigeria Cek Korban Tragedi Mina, Sebut Ada 1.075 Jenazah                                                                 Foto: Gagah Wijoseno
Maduracorner.com – Pemerintah Arab Saudi mengatakan angka terakhir korban tewas akibat tragedi Mina berjumlah 769 orang. Namun seorang pejabat Nigeria mengatakan bahwa ada 1.000 jenazah yang telah diambil dari lokasi kejadian untuk menuju rumah duka di Kota Jeddah.

Seperti dikutip dari BBC, Selasa (29/9/2015), para pejabat dari India, Pakistan, dan Indonesia juga menegaskan jumlah korban tewas mencapai 1.000 orang. Salah seorang pejabat Nigeria asal Kano, Abba Yakubu mengatakan kepada jurnalis BBC Yusuf Ibrahim Yakasai, dirinya telah berkunjung ke Jeddah dan melihat proses evakuasi para korban sejak Kamis (24/9).

Yakubu menyebut ada 14 truk yang membawa jenazah ke kota. Menurut Yakubu, ada 1.075 jenazah yang telah diturunkan dari 10 truk dan dibawa ke kamar mayat. “Empat truk belum ditangani,” ujar Yakubu.

Terkait tragedi ini, Presiden Iran Hassan Rouhani saat berbicara di Sidang Majelis Umum PBB di New York, Amerika Serikat, menyinggung ketidakmampuan Arab Saudi mengelola penyelenggaraan ibadah haji. Presiden Rouhani menyerukan penyelidikan atas tragedi ini.

“Jatuh korban karena ketidakmampuan dan salah pengelolaan oleh mereka yang bertanggung jawab,” tutur Presiden Rouhani merujuk pada otoritas Arab Saudi.

Sejak tragedi Mina terjadi pada Kamis (24/9), Iran terus melontarkan kritikan keras terhadap otoritas Saudi. Tidak hanya Presiden Rouhani, otoritas dan pejabat Iran lainnya juga kritis terhadap Saudi, termasuk menyebut tragedi Mina sebagai bentuk kejahatan oleh Saudi terhadap jemaah haji.

(yds/fdn)
Sumber : Yudhistira Amran Saleh – detikNews
By : Jiddan
Email Autoresponder indonesia