Pejalan Kaki Dominasi Arus Mudik Lebaran Idul Adha di Dermaga Kamal

Pantauan Arus  Mudik Lebaran Idul Adha |  Oleh : Aryan

penumpang kapal Fery saat turun dari Kapal-foto : Aryan/MC.com

penumpang kapal Fery saat turun dari Kapal-foto : Aryan/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – H-1 Arus mudik lebaran Idul Adha 1434 H di dermaga Kamal 90 persen didominasi oleh para pejalan kaki. Dari pantauan MC.com sejak pukul 9.00 wib hingga 12.00 siang, tampak ratusan pengedendara roda dan ribuan pejalan kaki memadati dermaga Kamal.

“Ribuan pejalan kaki yang hendak mudik kekampung halamannya sudah sejak kemarin siang memadati dermaga Kamal. Termasuk ratusan roda 2 juga ikut berdesakan didalamnya,” ujar salah penyobek tiket penyeberangan dimulut dermaga Kamal, Hariyono, Senin, (14/10).

Menurutnya, satu  rit kapal Fery yang melayani penyeberangan dari Ujung- Kamal rata-rata mengangkut sekitar 100-150 pejalan kaki, puluhan roda 2 dan sekitar 5 -7 unit roda 4.

Ditambahkan dia, kalau pada hari biasa penyeberangan kapal Fery mengangkut penumpang dari Ujung-Kamal dan sebaliknya tak lebih dari 10 rit. Namun pada hari-hari besar Islam seperti lebaran Idul Fitri dan Idul Adha, pelayaran lebih dari 20 rit.  “Semenjak dioperasikannya jembatan suramadu, penyeberang yang menggunakan jasa kapal fery Ujung-Kamal kebanyakan didomonasi oleh para pejalan kaki,” pungkasnya. (yan/min).