Pelabuhan Semakin Sepi, PT ASDP Alami Kerugian Rp 10 M

1071 views
image

Suasana Pelabuhan Kamal Yang Kini Para Penumpangnya Sangat Jauh Berkurang

Bangkalan, maduracorner.com – Kondisi pelabuhan Kamal Bangkalan kini sangat memprihatinkan semenjak jembatan Suramadu dioperasikan. Pada hari-hari tertentu pun tak ada lagi keramaian seperti dulu.

Supervisi Operasional PT ASDP Pelabuhan Kamal, Agusman mengatakan, sepinya penumpang menimbulkan kerugian sebesar Rp 10 miliar. Sebab, biaya operasional kapal tidak sebanding dengan pemasukan. “Kerugian itu pada tahun 2014. Sementara untuk tahun ini belum bisa kami total karena menunggu perhitungan pada saat tutup buku,”terang Agusman kepada maduracorner.com, selasa (15/12/2015).

Menurutnya, saat ini pihak ASDP Kamal mengoperasikan tiga armada untuk melayani penyebrangan ke Surabaya. Setiap satu armada melakukan trip (perjalanan) sebanyak 10 kali dengan biaya sekali jalan sebesar Rp 600 ribu. “Jadi tiga kapal kalau ditotal melayani 60 kali perjalanan. Tinggal kalikan saja biaya operasionalnya. Sedangkan pendapatan hanya Rp 29 juta,” jelasnya.

Sebelum ada jembatan Suramadu, pendatapatannya menurut Agusman bisa mencapai Rp 500 juta selama 24 jam melayani jasa penyebarangan. Namun saat ini jam operasional terpaksa dipangkas karena kerugian semakin membengkak. “Sekarang kita hanya beroperasi dari pukul 05.24 – 21.00 WIB. Kerugian yang kita alami dibantu melalui subsidi silang dari pusat,”ucapnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia