Pelaksaan UN SMP Bakal Diawasi Dengan Ketat

663 views

Disdik Jamin UN Aman Dari Kebocoran dan Peraktek Perjokian |Oleh:Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Disdik Bangkalan menjamin pelaksanaan UN 2014 SMP/MTs Kabupaten Bangkalan yang akan berlngasung mulai tanggal 5 Mei. Hingga 8 Mei 2014 nanti akan bebas dari kebocoran foto copy kunci lembaran jawaban ujian (LJU). Sebab dalam yang diikuti oleh sekitar 14.015 peserta dari SMP Negeri, SMP Terbuka, SMP swasta, MTs Negeri dan MTs Swasta akan diawasi dengan ketat.

“Kita jamin pada pelaksanaan UN 2014 SMP/MTs di Bangkalan nanti bebas dari kebocoran LJU dan peraktek perjokian,” terang Kepala Disdik Bangkalan, M. Mohni melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Irianto ketika dikonfirmasi lewat telepon selulernya, Minggu, (27/4)

Tidak jauh beda dengan pelaksanaan UN 2014 SMA,SMK dan MAN yang berjalan aman, lancar, kondusif dan bebas dari kebocoran LJU dan perjokian, kata Risman, Disdik juga berharap pada penyelengaaran UN SMP sederajat nanti akan bebas dari kebocoran LJU dan peraktek perjokian sesuai prosedur ketetapan (protap) pelaksanaan UN dari pusat.

“Pada pelaksanaan UN 2014 SMP/MTs nanti, Disdik selalu mengedepankan protap dengan ketat dan terarah. Termasuk saat pengambilan materi soal UN oleh panitia kecamatan, akan didampingi kasek dan penyelenggara juga mendapat pengawalan ketat dari Kapolsek setempat,” ungkapnya.

Sebagai langkah antisipasi lainnya, lanjut Risman, sistim pengawas ruangan juga diberlakukan sistim silang. Artinya, bagi para guru yang ditunjuk sebagai pengawas ruangan UN tidak diperbolehkan bertugas sebagai pengawas disekolahnya sendiri tapi diberi tugas disekolah lainnya dan diganti oleh pengawas dari sekolah lainnya. “Pengawasan UN sistim silang itu cukup epektif untuk meminimalisir tingkat kebocoran LJU dan praktek perjokian,” pungkasnya. (yan/shb)

Email Autoresponder indonesia