Pelaksanaan Coblosan Ulang Tinggal Menunggu Kesiapan PPK

542 views
Divisi Logistik KPUD Sampang, Hernandi Kusuma Hadi-foto: Nur Sofia/MC.com

Divisi Logistik KPUD Sampang, Hernandi Kusuma Hadi-foto: Nur Sofia/MC.com

Logsitik pencoblosan Ulang sudah Siap I Oleh : Nur Sofia

Maduracorner.com,Sampang-Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Sampang masih menunggu informasi resmi dari Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) terkait situasi keamanan dan pelaksanaan pembentukan Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), untuk melaksanakan pencoblosan ulang  Pemilu Legislatif (Pileg) di 2 desa yakni desa Bire Barat Kecamatan Ketapang dan Desa Pandiyangan Kecamatan Robatal.

Divisi Logistik KPUD Sampang Hernandi Kusuma Hadi mengatakan, sesuai peraturan yang ada, untuk pelaksanaan pencoblosan ulang paling lambat H+10 , berarti tanggal 19 April besok,  namun pihaknya masih menunggu informasi resmi dari PPK setempat terkait kondisi sebenarnya di lapangan.

“Mengingat informasi  yang berhasil dihimpun KPU, warga termasuk perangkat desa, petugas KPPS dan PPS setempat menolak untuk dilakukan pemungutan suara ulang, bahkan sempat terjadi intimidasi yang menyatakan proses itu tidak akan bisa dilakukan di Kecamatan Ketapang ” Jelas Hernandi ( 18/14 )

Dan mengenai masalah keamanan, pihaknya mengaku masih belum  maksimal berkoordinasi dengan pihak keamanan, karena dua hari kemarin disibukkan dengan pengamanan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat PPK khususnya di daerah yang cukup rawan.

Sementara itu berdasarkan surat rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Jawa Timur, ada 17 TPS di desa Bira Barat untuk dilakukan pencoblosan ulang, sedangkan dari Panwaskab ada 2 TPS di Dusun Karang, Desa Pandiyangan, karena dianggap kurang memenuhi syarat mekanisme pemungutan suara.

Hernandi menambahkan, yang terpenting secara prinsip pihaknya sudah melaksanakan  keputusan dari Bawaslu dan perintah KPU Propinsi Jatim, untuk melakukan pemungutan suara ulang, terbukti tahapan sudah dilakukan termasuk kesiapan logistik. (fia/shb)

Email Autoresponder indonesia