Pelaksanaan e-KTP Belum Optimal, Camat Galis Terapkan Sistim Jemput Bola

Camat Galis, Irijono,S.Sos-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan– belum optimalnya pelaksanaan e-KTP di  Kecamatan Galis Kabupaten Bangkalan, Kecamatan Galis menerapkan sistim jemput bola dengan cara mendatangi langsung para wajib e-KTP ke kantor kepala Desa masing-masing. “Dari hasil rembug dan kesepakatan dengan para Kepala Desa se – kecamatan Galis yang digelar di pendopo kecamatan Galis seminggu sesudah hari Raya Idul Fitri 1433.H, untuk e-KTP lanjutan kita terapkan sistim jemput bola ternyata disetujui secara mufakat oleh para Kades,” terang Camat Galis, Irijono,S.Sos kepada MC.com, Selasa (25/09/2012).

Dijelaskan dia, dari pengalaman hasil pelaksanaan e-KTP selama ini, dianggap belum memuaskan dan belum memenuhi target. “Sesuai dengan instruksi dari Kepala Dispenduk dan Capil, pelaksanaan E-KTP lanjutan yang sedang berjalan ini, akan berakhir pada minggu kedua bulan Oktober 2012 nanti. Kemudian seizin bapak Bupati Bangkalan, R.KH. Fuad Amin,S.Pd, Maka saya berinisiatif pada pelaksanaan e-KTP lanjutan ini, kita terapkan sistim jemput bola,” jelas Ir panggilan akrabnya Irijono.

Lebih lanjut Irijono menjelaskan,  beberapa kendala yang menyebabkan pembuatan e-KTP belum bisa  mencapai sasaran yang ditargetkan. Selain karena faktor letak geografis wilayah kecamatan Galis yang cukup luas dan medannya yang cukup berat, hal itu juga bersamaan dengan datangnya bulan puasa, sehingga banyak warga yang enggan datang ke kantor kecamatan untuk perekaman dan pemotretan e-KTP.

Disamping itu imbuh Irijono, selama perekaman e-KTP ditemukan beberapa kasus kepemilikan KTP ganda. “sebagaimana hasil keputusan bersama dengan para kades. Karena warga yang bersangkutan masih tetap ingin memakai KTP dari asal desa kelahirannya maka kita layani,” katanya.

Camat Galis mengharpkan dengan adanya system jemput bola ini pelaksanaan rekam data e-KTP kelanjutan ini, bisa selesai tepat waktu. “Ya saya harap bisa tepat waktu lah,” pungkas mantan Sekcam kecamatan Arosbaya ini. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia