Pelaksanaan Pemungutan Suara Rawan Potensi Konflik

1028 views
suasana pertemuan-foto: Aryan/MC.com

suasana pertemuan-foto: Aryan/MC.com

Banyak Kepentingan dari Masing-Masing Caleg | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – momentum pelaksanaan pemungutan suara pemilihan legislatif (pileg) dinilai bakal memiliki potensi kerawanan, karena pada saat pelaksanaan pemungutan suara itu akan terjadi kompetisi kepentingan dari masing- masing calon legislatif (caleg) untuk memperoleh dukungan suara dari masyarakat yang sudah mempunyai hak suara. Oleh karenanya, dalam menyikapi hal itu pemkab bangkalan mengharapkan agar pada pelaksanaannya nanti masyarakat di Kabupaten Bangkalan, dapat dijamin kemerdekaannya dalam menggunakan hak suaranya secara langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil.

“Kami berharap pada pelaksanaan pileg 2014 nanti, masyarakat dapat dijamin kemerdekaaannya dalam menggunakan hak suaranya secara bebas, umum, langsung, rahasia, jujur dan adil,” kata Bupati Bangkalan, RK. Muh.Makmun Ibnu Fuad saat memberi sambutan pada acara gelar 3 pilar dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan daerah menjelang pemilu di Kabupaten Bangkalan dipendopo Pratanu Bangkalan, Kamis, (13/3).

Dikatakan dia, untuk mewujudkan harapan diatas secara riel, tentunya diperlukan kesiapan dari berbagai pihak. Termasuk didalamnya, kesiapan 3 pilar penyelenggara pemerintahan, baik ditingkat kabupaten, kecamatan dan desa/kelurahan. Sehingga dengan demikian, secara sinergis masing – masing pilar dimaksud, terbangun kesamaan persepsi dlam memfasilitasi kelancaran pelaksanaan pemilu diberbagai jenjang tingkatan administrasi pemerintahan.

“Perlu ada kesamaan persepsi antar 3 pilar penyelenggara pemerintahan yang terdiri dari Pemkab.Bangkalan, Polres Bangkalan dan Kodim 0829 Bangkalan dalam mempasilitasi kelancaran pelaksanaan pemilu diberbagai jenjang tingkatan,” terang Ra Momon panggilan akrabnya Bupati Bangkalan.

Terkait dengan hal itu pula, kata Ra Momon, gelar 3 pilar dalam rangka menjaga situasi dan kondisi keamanan daerah menjelang pemilu di Kabupaten Bangkalan. Diharapkan dapat dijadikan sebagai media koordinasi dan sinkronisasi yang melibatkan aparat penyelenggara pemerintahan, baik di tingkat kabupaten, maupun ditingkat kecamatan yang meliputi para camat, koramil dan Mapolsek juga ditingkat kelurahan/desa, bintara pembina desa (babinsa), bintara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat (babin kantibmas).

“Gelar sinergitas 3 pilar hari ini, memiliki arti penting karena secara hirarkis merupakan tindak lanjut dari gelar yang telah dilakukan ditingkat pemerintah pusat 11 Februari 2014 dan ditindaklanjuti dengan gelar di tingkat Provinsi Jatim 10 Maret 2014 yang lalu,” tuturnya.

Mempertimbangkan pentingnya gelar 3 sinergitas tersebut, Ra Momon berharap dalam pelaksanaan lebih lanjut dapat dipaparkan materi yang terkait dengan peta keamanan dalam menghadapi pileg di Kabupaten Bangkalan. Sehingga dengan demikian dapat di antisipasi secara dini, terhadap berbagai kemungkinan yang terjadi dan memerlukan penanganan lebih lanjut. Maka dari itu, perlu dilakukan koordinasi secara intensif dalam menjaga kekompakan. Karena dengan demikian akan semakin mempercepat dan mempurmudah dalam merespon perkembangan informasi yang terjadi.

“Kami percaya melalui gelar sinergitas 3 pilar pada hari ini, akan memberi kontribusi positif dalam upaya
mewujudkan situasi dan kondisi yang aman, damai dan kondusif di Kabupaten Bangkalan karena pada hakekatnya melalui kegiatan ini merupan pertanda bahwa jajaran apratur yang terlibat didalamnya telah memiliki kesiapan dalam melaksanakan tugas,” pungkas Ra Momon.

Turut hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Bangkalan, Wakil Bupati Bangkalan, jajaran Muspida Bangkalan, Ketua PN Bangkalan, Komandan Lanal Batu Poron, Sekdakab Bangkalan, Ketua KPU Bangkalan, para Camat, Dan Ramil, Kapolsek se – Kabupaten Bangkalan, Pempimpinan SKPD di lingkungan Pemkab Bangkalan, para Babinsa, para Babinkamtibmas, Kepala Desa/ lurah dan undangan lainnya. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia