Pelaksanaan Pileg 2014 Di Kabupaten Sumenep Tanpa Linmas

615 views

KPU akan Maksimalkan KPPS | oleh : Teguh S

Maduracorner.com- Sumenep – Pelaksanaan pemilu Legislatif (Pileg) 2014 di kabupaten Sumenep tanpa melibatkan petugas Perlindungan Masyarakat (Linmas). Hal ini memaksa KPPS bekerja ekstra, sebab petugas KPPS hanya 7 orang, padahal pada Pemilu sebelumnya, petugas KPPS 7 orang ditambah linmas 2 orang.

Ketua KPU Sumenep, Thoha Shamadi,
menjelaskan, tidak dilibatkannya Linmas pada Pileg nanti, merupakan keputusan KPU-RI, terpaksa pihaknya memaksimalkan petugas KPPS yang berjumlah 7 orang.”Ini kan menjadi keputusan KPU-RI, ya kita, harus mentaatinya. Jadi, petugas di Tempat Pemungutan Suara (TPS) hanya berisi 7 anggota KPPS yang kinerjanya akan dimaksimalkan,” kata Thoha.

Toha khawatir tidak adanya anggota Linmas, akan menghambat tahapan pencoblosan pada hari H nanti. Petugas KPPS akan kelimpungan mengatur masyarakat yang akan menggunakan hak pilihnya di TPS. “Pemilu sebelumnya petugas di TPS 7 orang, plus 2 orang Linmas, tapi pada Pileg tahun ini, petugas penyelenggaraan Pemilu di TPS murni dari KPPS, tanpa Linmas,” terangnya.

Namun, ia berharap pelaksanaan Pemilu di tingkat TPS bisa terlaksana sesuai harapan. “Untuk kerawanan itu kan biasanya terjadi di tingkat TPS. Tapi, pihaknya akan tetap berupaya, agar pencoblosan di TPS berlangsung kondusif meski tanpa Linmas,” kata Toha

Pelaksanaan Pileg dijadwalkan pada tanggal 9 April 2014, dengan. 2.798 TPS yang tersebar di 27 Kecamatan daratan dan kepulauan.(tgh/shb)

Email Autoresponder indonesia