Pelaksanaan Pilkades Serentak Terancam Molor, Draf Raperda Belum Rampung

Bangkalan,Maduracorner.com- Pelaksanaan Pilkades serentak di kabupaten Bangkalan yang diagendakan pada Bulan Pebruari tahun 2015 ini terancam molor. Pasalnya Draf Raperda untuk. Pelaksanaan pilkades serentak belum rampung. “Kalau raperda-nya belum kita ajukan ke eksekutif tapi untuk jadwalnya sudah masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda),” kata  Kabag hukum Joko Supriyono, Sabtu (17/01/2015).

Dikatakan Joko Supriyono, sesuai dengan jadwal Badan Musyawarah (Bamus) DPRD kabupaten Bangkalan bulan ini Raperda itu akan dibahas. “Rencananya sesuai jadwai banmus tanggal 22 januari ini akan dibahs, dengan catatan peraturan menteri tentang tata cara pemilihan sudah terbit, kalau belum Permen itu belum terbit ya kita tunda lagi,” jelasnya.

Dijelaskan dia, draf Raperda yang disusun itupun masih meraba-raba, karena Permen-nya belum keluar. “Ya jelas  kita sudah mengalokasikan jadwal pembahasan raperda ke dewan, meskipun draf  yang kita disusun tanpa peraturan Menteri, dan  kita hanya meraba-raba,” tuturnya.

Lebih lanjut Joko Supriyono menjelaskan, pembahsan Raperda Pilkades serentak itu sudah diajukan ke legislatif bersama 9 Raperda lainnya. “Kalau dari eksekutif. Sendiri ada 9 Raperda yang akan dibahas pada tahun 2015, termasuk  raperda tentang tata cara pencalonan pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian kepala desa, raperda badan permusyaratan desa, kalau dari legislatif sendiri saya tidak tahu ada berapa,”katanya .

Hal berbeda dikatakan Ketua Komisi A DPRD Bangkalan,Kasmu, menurut dia, raperda Pilkades serentak sudah masuk ke DPRD Bangkalan. “Raperdanya sudah masuk dan akan kita kebut pembahasannya,” pungkas Kasmu.

Penulis ; Anto
Editor   ; Sohib

Email Autoresponder indonesia