Pelantikan Dewan Pendidikan Ditunda, Komitmen Bupati Dipertanyakan?

Bangkalan, Maduracorner.com, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron sampai saat ini belum melantik dan mengumumkan 22 orang anggota Dewan Pendidikan (DP) yang lolos uji kompetensi beberapa bulan lalu.

Pihak Pemkab menjelaskan, alasan mendasar belum dilantiknya Para calon anggota Dewan Pendidikan itu, disebabkan situasi pandemi covid-19 yang belum kunjung usai. Sebelumnya, Bupati Bangkalan R. Abdul Latif Amin Imron berjanji segera menetapkan 11 anggota dewan pendidikan, yang telah dinyatakan lolos uji kompetensi. Akan tetapi, pernyataan tersebut diralat, dimana penetapan dewan pendidikan terpilih akan digelar pada tahun 2021.

Hal itu mendapat tanggapan dari salah satu mantan sekretaris Panitia Seleksi (Pansel) Dewan Pendidikan Aliman Harish. Menurutnya, seluruh proses tahapan seleksi sudah dilaksanakan oleh pansel. Karena itu, tahapan selanjutnya seharusnya mudah dilakukan.

“Semestinya pihak terkait itu mempertimbangkan, karena tinggal tahapan pengumuman dan pelantikan,”ujarn Aliman, Rabu (17/6).

Menurut Aliman, akar permasalahannya itu bukan ada di urusan refocusing anggaran. Namun pada komitmen pejabat Bangkalan, khususnya Dinas Pendidikan Bangkalan atas proses seleksi ini.

Bahkan kata Aliman, terkait anggaran untuk seleksi Dewan pendidikan tidak terlalu besar.

“Saya yakin pemerintah Bangkalan itu mempunyai kekeluasan lebih tanpa harus mengurangi anggaran Dewan pendidikan,” imbuhnya.

Aliman menambahakan, komitmen Pemkab terkait Dewan Pendidikan adalah salah satu indikator kepedulian pemerintah terhadap perkembangan dunia pendidikan kedepan. Karena itu sudah semestinya Bupati memberi perhatian atas hal ini, kendati situasi pandemi Covid-19 belum juga usai hingga hari ini. (Ris).

Email Autoresponder indonesia