Pelayaran Dibuka, Penumpang Kapal di Pelabuhan Kalianget Membludak

Penumpang kapal memadati ruang pembeliat tiket di Pelabuhan Kalianget. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Penumpang kapal dengan tujuan kepulauan membludak di Pelabuhan Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur, Jumat (4/1/2019). Bahkan, mereka harus berdesak-desakan saat antre di loket pembelian tiket.

Membludaknya jumlah penumpang itu, sebagai dampak dari dibukanya kembali jadwal pelayaran. Sebab, pelayaran sempat dihentikan sepekan karena ketinggian gelombang laut di perairan Sumenep mencapai lima meter.

Pantauan di lapangan, kapal Dharma Bahari Sumekar (DBS) diberangkatkan lebih awal, sekitar pukul 07.45 WIB dari Dermaga III Pelabuhan Kalianget.

Salah seorang warga Pulau Kangean, Hendri mengaku rela tidak kebagian tempat duduk di kapal. Menurutnya, bisa berlayar sampai ke tujuan menjadi prioritas utama setelah sempat tertahan di pelabuhan akibat cuaca buruk.

“Tempat duduknya sudah tidak ada. Kapalnya terlalu kecil,” ungkapnya.

Hendri menjelaskan, dalam kondisi cuaca normal perjalanan dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau Kangean membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 12 jam.

“Kami berharap ke depan pemerintah segera menyediakan kapal yang lebih besar agar tidak selalu berdesak-desakan,” imbuhnya.

Manajer Operasional PT Sumekar, selaku operator DBS I, Bambang Supriyo menyampaikan, kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas IV Kalianget sudah mengizinkan melakukan aktivitas pelayaran.

“Pada pelayaran kali ini kapal DBS I memang berangkat lebih awal dari biasanya. Pertimbangannya, para penumpang sudah lama tertahan di pelabuhan dan agar pihak kapal bisa melihat kondisi cuaca di siang hari”,tandasnya. (*)

Penulis: Sai

Editor: Riyan Mahesa