Pelunasan ONH CJH Bangkalan Mulai Besok

567 views

ONH Tahun ini sebesar 3.308 dollar Usa I oleh : A.Sohib

Maduracorner.com,Bangkalan– Pelunasan Ongkos Naik Haji (ONH) bagi calon Jemaah haji (CJH) asal kabupaten bangkalan akan dimulai besok. “Pelunasan ONH ini bisa mulai besok tanggal 11 hingga nanti tanggal 9 juli, ini pelunasan tahap pertama,” terang Kasi Penyelenggara Haji Kakanmenag Bangkalan, H Abd Hamid, Selasa (10/6)

Dijelaskan dia, untuk Pelunasan ONH ini ada tiga tahapan, para CJH yang tidak bisamelunasi ONH pada tahap pertama ini, bisa melunasi pada tahp kedua nanti. “Tahap kedua tanggal 14 hingga 17 juli, sedangkan tahap ke tiga tanggal 21 hingga 24 juli, jika CJH tidak bisa melunasi hingga tahap kedua, maka CJH yang bersangkutan akan diganti dengan CJH yang mempunyai nomer kursi berikutnya, dan CJH yang tidak bisa melunasi itu langsung masuk sebagai CJH waiting list,” jelas Abd Hamid

Lebih lanjut Abd Hamid menjelaskan,
ONH tahun ini ditetapkan sebesar Us 3308 atau setara dengan Rp 38 juta.”Rp 38 juta Itu dengan harga kurs dollar Rp 11.500, ya kalau kurs dollar naik ONH-nya bisa naik juga, tapi patokannya ONH ini memakai kurs dollar, dan pelunasan ONH ini langsung di Bank, kami hanya menerima bukti pelunasannya saja,” katanya.

Yang paling untung kata Abd Hamid, CJH yang melunasi ONH tahun lalu, namun keberangkatannya ditunda, mereka mendapat keuntungan pengembalian ONH sebesar us 310 atau setara dengan Rp 3,5 juta. “Di sini (Bangkalan Red) ada sebanyak 102 orang CJH yang melunasi ONH tahun kemarin tapi pemberangkatan ditunda, namun sampai saat ini prosedur pengembaliannya belum jelas, apakah. Diberikan secara tunai atau dikembalikan melalui rekening, dan apakah pengembalian itu dalam bentuk dollar atau rupiah,” katanya.

Untuk jumlah CJH tahun ini sebanyak 564 CJH, jumlah CJH tahun ini menunrun jika dibandingkan dengan jumlah CJH tahun sebelumnya yang mencapai 679 orang.”Kami berharap CJH ini bisa melunasi ONH-nya melalui Bank yang telah ditunjuk,” pungkasnya, (shb)

Email Autoresponder indonesia