Pembagian Raskin di Kabupaten Bangkalan Telat Tiga Bulan

739 views

image

Bangkalan,maduracorner.com – Pembagian beras untuk keluarga miskin di Kabupaten pada sudah telat selama 3 bulan sepanjang tahun 2015 ini. Yakni terhitung sejak januari hingga maret, jatah bagi ribuan masyarakat kurang mampu tersebut belum disalurkan. Padahal launching raskin untuk tingkat Propinsi Jatim secara resmi sudah mulai sejak 26 Februari 2015 lalu.

Meski begitu, pihak Dolog Divisi Regional Madura menyatakan, tidak ada hambatan yang prinsipil dalam penyaluran raskin di Bangkalan dan Madura secara umum. “Akhir April 2015 nanti stok raskin untuk Bangkalan sudah cair. Pada prinsip, tidak ada hambatan secara tekhnis,” ujar Kasub Dolog Divre Madura, Amrullah pada acara sosialisasi  penyaluran raskin 2015 di aula Diponegoro Pemkab Bangkalan, rabu (18/3/2015) siang.

Amrullah menambahkan, stok raskin digudang Dolog Bangkalan saat ini Sekitar 1800 ton. “Sambil menunggu kiriman raskin dari pusat kita, untuk kebutuhan warga kurang mampu masih bisa dibagikan untuk 2 bulan kedepan”,ucapnya.

Namun yang penting, lanjut Amrullah, adalah soal penanda tanganan fakta integritas tentang pelaksanaa raskin. Termasuk konsekuensi jika tidak dilakukan secara benar. “Seperti timbangan beras berkurang dan kenakalan supir kencing di jalan karena pembagian raskin tidak dikawal aparat keamanan.  Begitu pun raskin yang ditusuk dengan gancu akibat ulah penyelewengan yang dilakukan oleh oknum di tingkat bawah dan para supir pengantar raskin”,terangnya.

Terkait penyaluran di Bangkalan, Amrullah memberi apresiasi. Karena menurutnya, Bangkalan bisa menjadi contoh bagi 4 kabupaten lain di Madura. “Kita kan tahu Bangkalan selama ini dikenal paling lancar dalam penyaluran raskin. Itu sebabnya, saya berharap Bangkalan nanti bisa memperoleh Raskin Award dalam setiap tahunnya,”ungkapnya sambil tersenyum. 

Sementara itu, Wabup Bangkalan Mondir Rofi’i dalam sambutannya mengatakan pembagian raskin kepada masyarakat yang kurang beruntung hendaknya beras yang berkualitas. Begitu juga penyalurannya harus sesegera mungkin. “Sebab ini terkait dengan urusan perut yang tidak bisa ditunda. Begitu juga sistim pendistribusian raskin perlu diperbaiki secara terus menerus dan fakta interigritaas sebisanya juga terus diperbaharui”,kata Mondir Rofi’i.

“Keberhasilan penyaluran raskin tergantung dengan 6 tepat. Yakni tepat sasaran, tepat  jumlah, tepat  harga, tepat waktu dan tepat administrasi. Jangan sampai penyaluran raskin terlambat karena ulah pemain-pemain besar yang menentukan selama ini,”tegas pria yang akrab disapa Ra Mondir tersebut. (yan/mad).

Penulis : Aryan
Editor   : Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia