Dewan Sidak Pasar Anom Sumenep

313 views

Komisi II DPRD Sumenep ketika menggelar sidak ke Pasar Anom. (FOTO: Sai)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-Komisi II DPRD Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pasar Anom Baru di Desa Kolor, yang sudah tiga tahun tidak difungsikan, Rabu (13/2/2019).

Para wakil rakyat yang membidangi ekonomi itu, memantau Blok A di lantai dua. Kios-kios terlihat kosong dibiarkan tidak berfungsi. Bahkan, sebagian mulai rusak. Kondisi pasar juga kotor banyak kotoran tikus berserakan.

“Pemanfaatan pasar belum maksimal. Saya berharap pengelola pasar berupaya mencarikan cara agar bisa ditempati oleh pedagang,” kata Ketua Komisi II DPRD Sumenep, Nurus Salam.

Politikus Gerindra itu menuturkan, pihaknya seringkali melakukan evaluasi terkait Pasar Anom. Akan tetapi hingga saat ini, belum juga diminati oleh pedagang.

“Program gratis satu tahun menempati, setelah itu disewakan juga belum berhasil,” paparnya.

Sementara itu, pelaksana UPTD Pasar se Kabupaten Sumenep, As’ari berdalih pengelola Pasar Anom Baru Blok A sepenuhnya menjadi kewenangan BPRS selaku Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD.

“Termasuk mengenai keamanan dan kebersihannya, semuanya kewenangan BPRS,” kelitnya.

Sebagai informasi, Pasar Anom Baru Blok A diresmikan Bupati Sumenep, KH A Busyro Karim pada tahun 2016. Namun, tidak ada satupun pedagang yang menempati. Para pedagang malah memilih berjualan di bagian trotoar pasar. (*)

Penulis: Sai
Editor: Riyan Mahesa