Pembangunan PJU Jalan Akses Suramadu sisi Madura Tahap II Digarap

Suramadu | oleh Sumaryanto

Pembangunan PJU Jalan Akses Suramadu sisi Madura, Tahap II Digarap-Foto: Sumaryanto/MC.com

Maduracorner.com,Bangkalan – Pembangunan Penerangan Jalan Umum (PJU) tahap II di kiri – kanan jalan akses Suramadu sisi Madura saat ini tengah digarap. Pembangunan PJU tahap II ini merupakan kelanjutan pembangunan PJU I yang sudah selesai pembangunannya dan sudah dinyalakan. “Pembangunan yang sedang digarap sekarang ini, masih sekitar pembuatan lubang pondasi beton tiang PJU sedalam 2 meter dikiri dan kanan akses jalan mas,” terang mandor kerja, Marsono (40) kepada MC. com, Kamis (01/11/2012).

Menurutnya, sesuai rencana pembuatan lubang pondasi beton tersebut tidak jauh berbeda dengan pembuatan dan pemasangan PJU tahap I. untukk pembangunan PJU tahap II  akan di pasang sekitar 80 titik di kiri – kanan jalan akses sepanjang 2 km dan jarak antara lubang beton yang satu dengan yang lainnya sekitar 25 meter. Kemungkinan, pembangunan PJU berikutnya akan terus dilanjutkan hingga jalan akses Suramadu sisi Madura  terang benderang seperti akses jalan di Suramadu sisi Surabaya. “Informasi itu saya dengar dari bos, bukan dari saya lo,” imbuh Marsono.

Salah seorang penggendara Iwan (21) mahasiswa FE Unair Surabaya yang kebetulan hendak pulang ke Bangkalan, mengaku senang dengan pembangunan PJU tahap II ini. Sebab dari pengalaman dia selama ini, kalau pulang dari Surabaya melebihi pukul 20.00 wib merasa takut karena gelap. Apalagi adanya rumor di jalan akses sering terjadi perampasan dan penodongan yang  dilakukan oleh para penjahat jalanan. “Kalau pulang malam saya sering merasa was – was mas, soalnya jalan akses Suramadu sisi Madura sampai saat ini masih gelap dan hanya ditempat –tempat tertentu saja yang ada PJU-nya,” kata Iwan.

Hal senada juga disampaikan supir truk pengangkut barang jurusan Madura – Jakarta, Moh.Safi’i (46). Menurut dia, pembangunan PJU tahap II di Suramadu sisi Madura kalau bisa sedikit dipercepat. Karena PJU tersebut sangat dibutuhkan oleh para pebisnis dalam memperlancar tingkat roda perekonomian di pulau garam Madura. “Kalau kebetulan melewati jalan suramadu sisi Madura lebih dari pukul 23.00, saya sering tancap gas, maklum PJU-nya masih minim, jalanan sepi dan gelap,” pungkas Safi’i. (yan/min).

Email Autoresponder indonesia