Pembangunan PLTD Gili Raja Lamban

574 views

 

Sumenep, Maduracorner.com-Masyarakat dan pemuda Kepulauan Gili Raja sudah mulai kehilangan kesabaran dengan upaya Pemkab Sumenep dalam membangun Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Kecamatan Gili Genting tersebut.

Hal itu dikatakan Fandi, koordinator pemuda Gili Raja. Menurutnya, keluhan masyarakat saat ini adalah lambannya proses realisasi pembangunan PLTD. Sehingga meski sudah sering dijanjikan, sampai saat ini tidak ada kepastian.

“Itu terlalu lama untuk terealisasi. Karna informasinya anggaran Pemda hanya Rp5 miliar per tahun. Sehingga masih butuh waktu sekitar 3 tahun untuk warga Giliraja bisa menikmati listrik,” keluhnya.

‎​
Menanggapi hal itu, Kepala Kantor Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Moh Kahir mengatakan, pada tahun 2014 ini, pihaknya menjanjikan PLTD akan direalisasikan secara bertahap di Gili Raja.

“Memang benar nanti realisasinya dengan tiga tahap. Yakni tahap pengadaan jaringan, rumah listrik dan mesinnya,” ujarnya.

Sementara itu, anggota DPRD Sumenep, Bambang Prayogi mengatakan, pengadaan listrik butuh dana yang sangat besar, tapi pihaknya tetap meminta pihak terkait serius dalam merealisasikannya.

“Butuh Rp16 miliar untuk merealisasikannya. Tapi dewan tidak menginginkan PT Santos cawe-cawe urusan listrik. Biarkan Pemda yang membangun dan menanggung dana seutuhnya,” pintanya.                   

Penulis : Rian Andrian
Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia