Pembangungan TPA di Bangkalan Kuras Anggaran Rp 15 Miliar

1031 views
image

Tempat Pembuangan Sampah

Bangkalan, maduracorner.com – Badan Lingkungan Hidup (BLH) kabupaten Bangkalan mengaku, untuk pembangunan tempat pembuangan akhir (TPA) membutuhkan anggaran sebesar Rp 15 Miliar! Pasalnya, TPA satu-satunya yang ada di Desa Buluh Kecamatan Socah saat ini sudah tidak layak lagi.

“TPA yang di Socah sudah overload. Kami butuh membangun TPA baru. Biayanya sekitar Rp 15 miliar,”ujar Plt Kepala BLH Bangkalan, Saad Asj’ari kepada maduracorner.com, Jum’at (18/12/2015).

Pembangunan TPA yang baru lanjut Saad, rencananya diletakan di wilayah Kecamatan Tragah sesuai dengan studi kelayakan. Sementara, untuk pembebasan lahan akan menelan anggaran Rp 2,3 miliar. “Minimal lahan yang dibutuhkan 10 sampai 15 hektar. Jika ditotal biaya keseluruhan pembebasan lahan dengan segala infrastrukturnya mencapai Rp 15 miliar,”ucap Saad.

Menurut mantan kepala Bappeda ini, pembangunan TPA yang baru masih menunggu turunnya surat ijin dari gubernur Jawa Timur yang saat ini masih dalam proses. Apabila surat tersebut sudah disetujui, pembangunan TPA bisa langsung digarap.

“Pembangunan TPA benar-benar mendesak. Sebab salah satu penyebab Bangkalan tidak mendapatkan penghargaan piala Adipura, ya akibat TPA yang masih konvensional dan overload,”tandas Saad. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia