Pembinaan Belum Maksimal, Tim Sepak Bola Usia Dini Bangkalan Jadi Lumbung Gol

Presiden K-Conk Mania Jimhur Saros memberikan medali kepada pemain terbaik, top skor, dan kiper terbaik dalam 5th Anniversary Cup 2018 di SGB, Minggu (8/7/2018). (FOTO: Riyan Mahesa)

BANGKALAN, MADURACORNER.COM– Empat tim sepakbola usia anak dan remaja Bangkalan menjadi lumbung gol bagi tim lawan saat mengikuti Festival Sepak Bola Usia Dini berskala nasional di Stadion Gelora Bangkalan (SGB), Sabtu (6/7/2018) hingga Minggu (7/7/2018) petang.

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 78 gol bersarang di gawang tim sepak bola usia 10-14 tahun tersebut. Rinciannya, tim Mitra Bangkalan U-10 kebobolan (13 gol), Mitra Bangkalan U-12 (15 gol), Mitra Bangkalan U-14 (9 gol), dan Bangkalan Selection U-14 (41 gol).

Empat tim tersebut hanya mampu mengumpulkan gol dengan jumlah total 15 gol. Mitra Bangkalan U-10 memasukkan (2 gol), Mitra Bangkalan U-12 (6 gol), Mitra Bangkalan U-14 (4 gol), Bangkalan Selection U-14 (3 gol).

Bahkan, selain menjadi lumbung gol, posisi empat tim Kota Salak di klasemen begitu memprihatinkan. Mitra Bangkalan U-10 berada di dasar klasemen atau di peringkat delapan.

Sedangkan Mitra Bangkalan U-12 berada di posisi enam. Di klasemen kelompok U-14, Bangkalan Selection berada di dasar klasemen dan Mitra Bangkalan di posisi tujuh.

Dari tujuh kali bermain, Mitra Bangkalan U-10, U-12, dan U-14 hanya menang-imbang satu kali dan lima kali kalah. Sedangkan Bangkalan Selection tidak pernah menang atau kalah tujuh kali.

“Ini menjadi bukti di lapangan bahwa sebuah akademi pembinaan di Bangkalan dikelola belum optimal,” ungkap Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Bangkalan, Moh Sa’ad Asjari.

Menurutnya, kendati semangat dan potensi para pemain tidak kalah, namun fakta-fakta di lapangan merupakan sebuah pelajaran berharga bagi sistem pembinaan sepakbola usia dini di Bangkalan.

“Pola-pola pembinaan harus meniru seperti mereka. Kami perlu merubah dan menyempurnakan pembinaan secara ilmiah dan profesional,” jelasnya.

Festival Sepak Bola Usia Dini berskala nasional dengan jumlah perserta 24 tim dari berbagai akademi sepakbola itu, merupakan hasil kerjasama Dispora Bangkalan dan Indonesia Soccer Academy (ISA) yang dikemas dalam 5th Anniversary Cup.

Dari Jawa Timur diwakili ISA Sidoarjo, Bligo Putra Sidoarjo, Semboro Jember, Petrogres Gresik, Lamongan Soccer Academy (LSA), Mitra Bangkalan, Bangkalan Selection, Juanda FC Sidoarjo, Star Generation Surabaya, Putra Baja Surabaya, dan Subangkit Soccer School Pasuruan.

Sedangkan dari luar Jawa Timur, diikuti Mataram Soccer Academy (MSA), Junior Sport Academy (JSA) Bali, dan Mandala United Bali. Setiap kelompok umur berisikan delapan tim.

“Terima kasih untuk semua tim, offisial, dan para orang tua pemain telah bermain di Bangkalan,” pungkasnya.

Dalam ajang tahunan itu, Juanda FC juara 1 kelompok U-10, Mandala United juara 1 U-12, dan Putra Baja Surabaya Juara U-14.

Pendiri ISA sekaligus penanggung jawab 5th Anniversary Cup Imam Syafii berharap, event ini mampu melecut dan membangkitkan kembali sepkbola Bangkalan.

“Kami akan dukung penuh berdirinya Bangkalan Soccer Academy (BSA) sebagai pusat pembinaan sepakbola usia muda berkarakter,” ujarnya.

Dukungan itu dibuktikan ISA dengan keberadaan pelatih Timnas U-19 Indra Sjafri dan Pelatih Tim Barito Putera Jakcsen F Tiago. Keduanya didapuk sebagai konsultan BSA. (*)

Penulis : Riyan Mahesa

Editor : Ahmad

Email Autoresponder indonesia