Pemerintah Pusat Dukung Upaya INBIS UTM Lahirkan Wirausaha Muda

1165 views
image

Pertemuan dengan Kemenko Perekonomian

Bangkalan, maduracorner.com –  Pemeritah pusat melalui kementerian Kordinator perekonomian RI (Kemenko Perekonomian) menyatakan dukungannya  terhadap langkah  Universitas Trunojoyo Madura, dalam pengembangan  program Inkubator Bisnis (INBIS) . Adapun program INBIS tersebut, dikembangkan   dalam upaya melahirkan Wirausaha muda, Yang memiliki kemampuan  berbasis, kreatifitas dan inovasi dengan sentuhan teknologi.

Kepala Bidang pengembangan Wirausaha Kemenko Perekonomian, Syafrudin,  ketika menerima rombongan tim INBIS UTM akhir Maret lalu menyampaikan, pihaknya sangat mendukung langkah INBIS UTM yang telah menawarkan kerjasama dalam melahikan wirausaha muda  melalui proses Inkubasi di UTM.

“Langkah-langkah yang dilakukan oleh INBIS itu sangat positif dalam upaya melahirkan wirausaha baru, nanti kami akan menindaklanjuti dengan beberapa program kerjasama yang dapat disinergikan dengan program INBIS UTM di bidang pengembangan kewirausahaan itu,” terang Syafrudin.

Menyikapi pernyataan tersebut, Ketua Departemen Kerjasama INBIS UTM, Saniman, SE, M.PSDM menyampaikan, selain melalakukan pertemuan koordinasi  dengan Kemenko Perekonomian, dalam kesempatan yang juga dilakukan kunjungan ke  Kementerian Koperasi dan UMKM serta  Bank Indonesia di Jakarta.

“Ketiga lembaga pemerintah pusat itu banyak menawarkan beberapa program kerjasama yang dapat disinergikan dengan program INBIS UTM di bidang pengembangan kewirausahaan, khusunya Kemenko Perekonomian yang sangat apresiasi langkah INBIS UTM,” jelas Saniman, Sabtu (2/4/2016).

image

Terpisah,  Wakil Rektor 1, Dr. Deni SB Yuherawan berharap, agar  semua civitas akademika terus bergerak untuk memberi manfaat sebanyak-banyaknya bagi  masyarakat Madura.  Hal itu termasuk yang dilakukan INBIS UTM dipacu untuk mempercepat pencapaian visi dan misi Universitas yang telah di canangkan oleh Rektor UTM.

“Kami sangat mengapresiasi langkah-langkah yang dilakukan tim INBIS, semoga terus bisa mengembangkan sayapnya untuk memberi manfaat kepada masyarakat luas,” kata Mantan dekan Fakultas Hukum Itu.

Hal senada juga disampaikan  Rektor Universitas Trunojoyo Madura (UTM), Dr. Muh. Syarif. Pihaknya menyampaikan, bahwa keberadaan INBIS UTM terus akan dikembangkan untuk mendukung program Utama  Universitas sebagaimana yang tertuang dalam visi Rektor.

“Saat ini INBIS  telah menjajaki kerjasama dengan pemerintah pusat,  saya berharap agar program ini  dilaksanakan dengan berkelanjutan,  sehingga berdampak positif  dan dirasakan oleh seluruh civitas akademik dan masyarakat,” tutur Rektor UTM.

Sekedakar diketahui, Inkubator Bisnis Universitas Trunojoyo Madura (INBIS UTM) pada tanggal 19 November 2015 lalu, telah diresmikan oleh Rektor UTM, Dr. Muh. Syarif, semakin memperjelas wujudnya sebagai lembaga yang mempercepat tumbuhnya wirausaha-wirausaha baru berbasis inovasi, teknologi, kreatifitas dan mampu berdaya saing.

Salahsatu upaya yang dilakukannya adalah melakukan visit study di lembaga-lembaga pengembangan inovasi di 3 perguruan tinggi, yaitu Lembaga Pengembangan Inovasi ITB Bandung, Inkubator Bisnis Politeknik Negeri Bandung, Pusat Inkubator Bisnis IPB Bogor serta Bandung Valley Technopark pada tanggal 29-30 Maret 2016. Visit study ini langsung dipimpin oleh Ketua INBIS UTM, Dr. Mardiyah Hayati.

Editor : Achmad

Email Autoresponder indonesia