Pemkab Bangkalan Klaim 70 Persen Dana Desa Telah Disalurkan

image

Dana Desa

Bangkalan, maduracorner.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mengklaim telah menyalurkan sebagian besar dana desa yang masuk ke kas daerah. Dari total dana yang disalurkan, rata-rata direalisasikan untuk pembangunan infrastruktur.

“Pagu dana desa 2015 sebesar Rp 79 milyar. Yang masuk ke kas daerah Rp 63,2 miliar. Sedangkan yang sudah disalurkan Rp 50,56 milyar atau baru sekitar 70 persen,”terang Kepala Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Bangkalan, Ahmad Hafid kepada maduracorner.com, selasa  (15/12/2015).

Hafid mengaku, ada beberapa desa yang belum bisa dicairkan. Hal ini karena tidak memenuhi persyaratan. Misalnya, desa-desa yang belum memiliki kepala desa definitif akibat permasalahan di internal. “Bagi yang sudah memenuhi persyaratan, dana itu langsung ke rekening pemerintah desa masing-masing,”ucapnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Bangkalan, Mondir Rofii mengaku akan terus memantau proses penggunaan dana desa itu. Utamanya, melakukan pendampingan pengguna anggaran untuk menghindari kesalahan yang dapat berakibat pada proses hukum. “Ini baru pertama kali dilakukan penyaluran dana desa. Jadi potensi kekeliruan sangat tinggi,”paparnya. (her/mad)

Penulis: Heriyanto Ahmad
Editor: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia