Pemkab Belum Miliki Perda Yang Mengatur Masalah TKI Ilegal

691 views

Draf Raperda Pernah di Bahas Namun Tidak ada Tindak Lanjut. I Oleh : Nur Sofia

Maduracorner.com,Sampang -Status Tenaga Kerja Indonesia (TKI) ilegal yang kerap mengalami persoalan seperi kecelakaan  kerja hingga meninggal dunia maupun persoalan deportasi belum mendapatkan penanganan serius dari pemkab Sampang, karena sampai saat ini masalah TKI ini belum ada payung hukum yang jelas.

Kasi Perluasan Tenaga Kerja Dinsosnakertrans Kabupaten Sampang, Teguh Waluyo mengatakan, khusus untuk penanganan TKI yang mendapat masalah perlu ada peraturan khusus dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda) kendati TKI itu berstatus ilegal, karena hal itu sangat dibutuhkan sebagai payung hukum yang jelas.

“Perda yang mengatur perlindungan TKI masih belum ada, kita (Pemkab Red) maupun TKI membutuhkan Perda tersebut,” ujar Teguh Waluyo, Kamis (01/05 ).

Meski Perda tentang perlindungan TKI telah dilakukan kajian dan pembahasan oleh DPRD Kabupaten Sampang, namun hingga kini belum ada tindak lanjut maupun pengesahan.

“DPRD Sampang memang sudah melakukan pembahasan, namun sampai saat ini belum ada tindak lanjutnya,” terangnya.

Teguh Waluyo menginginkan, untuk kedepan Perda tentang perlindungan TKI dapat segera ditindak lanjuti, sehingga mampu mengantisipasi permasalahan yang kerap dialami TKI asal kabupaten Sampang. (fia/shb)

Email Autoresponder indonesia
Tag: