Pemkab lakukan pembelian barang Melalui e Puchasing

464 views
Pemkab lakukan pembelian barang Melalui e Puchasing-foto: A Shohib/MC.com

Pemkab lakukan pembelian barang Melalui e Puchasing-foto: A Shohib/MC.com

9 Pokja ikuti Pelatihan IT I Oleh : A.Shohib

Maduracorner.com,Bangkalan– Mulai tahun ini pemkab bangkalan akan melakukan belanja barang dengan sistem e Purchasing. “Dalam tahun ini, Pengadaan barang jasa pemerintah, karena melihat aspek efektifitas, transparansi dan akuntabilitas, kami telah menentukan kebijakan, e purcahasing,” kata Bupati Bangkalan RK Muhammad Makmun Ibnu Fuad saat membukan acara pelatihan pengadaan barang dan jasa dengan sistem e Purchasing, Kamis (20/3) di Aula Dipnonegoro pemkab Bangkalan.

Dijelaskan RK Makmun Ibnu Fuad, dengan sistem e Purchasing ini, diharapkan nantinya bisa menciptakan proses secara langsung, bagi semua layanan pengadaan barang dan jasa. “Melalui sistem e purchasing dapat melaksanakan pengadaan barang dengan efesiensi karena semuanya menggunakan sistem IT,” kata Bupati yang akrab dipanggil Ra Momon ini..

Sementara itu Kabag Aset setkab Bangkalan, Wibagio menjalaskan, pelatihan pengadaan barang dan jasa dengan sistem e purchasing ini dilaksanakan selama dua hari dengan mengundang nara sumber dari lembaga kebijakan pengadaan barang jasa pemerintah (LKPP) Jakarta, Dr Hermawan. “Dengan sistem ini Pemilihan barang jasa bisa secara langsung melalui elektronik dan dengan sistem ini dapat memilih barang jasa yang terbaik,” jelasnya.

Lebih lanjut Wibagio menjelaskan, barang-barang yang ada dalam e purchasing, ada obat-obat, alat kesehatan, kendaraan. Hentraktror, hotmix.”Semua barang ada katalognya, jadi kita tinggal men-klik barang yang diinginkan oleh Pokja LPSE,” katanya.

Diundangnya kepala sub pembinaan pengelolaan LPSE pada lembaga kebijakan pengadaan barang jasa pemerintah (LKPP) Jakarta,
Dr Hermawan ini untuk memberikan pelatihan yang pesertanya adalah pokja unit layanan pengadaan pemkab bangkalan. “Ada 9 pokja yang ikut pelatihan, ada pokja pengadaan barang, pokja kontrukruksi, pokja konsultansi ada 2 pokja, pokja jasa lainnya ada 1 pokja,” pungkasnya.(sh