Pemkab Sumenep Kekurangan Ribuan PNS

577 views

Ilustrasi. (FOTO: Google)

SUMENEP, MADURACORNER.COM-
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, kekurangan ribuan Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) tahun ini.

“Kekurangan sebelumnya, mencapai 1600 PNS,” ucap Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Titik Suryati dikutip dari Mediamadura.com, Selasa (4/2/2019).

Namun, tahun 2019 kekurangan tersebut berkurang menjadi 1.045 PNS, karena tertutupi proses oleh 555 orang yang lolos rekrutmen. Sekalipun berkurang, jumlah PNS yang lolos rekrutmen ini belum mencukupi kebutuhan.

“Kebutuhan PNS di lingkungan Pemkab Sumenep masih banyak,” imbuhnya.

Titik menerangkan tambahan 555 PNS tersebut, berasal dari pengangkatan 227 bidan yang berstatus Pegawai Tidak Tetap (PTT), dan 21 tenaga penyuluh pertanian, serta 307 orang hasil proses rekrutmen CPNS 2018.

“307 orang yang lulus CPNS itu, di antaranya dari formasi dokter, guru ketegori 2 (K2) dan juga formasi umum,” imbuhnya.

Pemerintah Pusat sambung Titik, kabarnya akan melakukan pengisian formasi hingga tahun 2023 untuk menutupi kekerungan ribuan PNS tersebut. Pengisian formasi ini, melalui tes CPNS dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) setiap tahun.

“Target lima tahun ke depan tenaga-tenaga honorer sudah tuntas, dan kebutuhan PNS juga terpenuhi,” paparnya. (*)

Penulis: Riyan Mahesa

Editor: Ahmad