Penambang Ilegal Makin Mokong

632 views
aksi penambang ilegal makin berani. foto : teguh/mc.com

aksi penambang ilegal makin berani. foto : teguh/mc.com

Penambang Ilegal Makin Bertambah | oleh : teguh

Maduracorner.com, Sumenep – Meski aksinya sempat diprotes dan penambangnya diusir oleh warga setempat, namun aksi penambangan pasir ilegal di Dusun Pasar Daya, Desa Talango, Kecamatan Talango, Sumenep, hingga saat ini masih tetap berlanjut. Aksi mereka kali ini malah lebih nekat dibanding aksi yang dilakukan sebelumnya.

Merekas tidak hanya melakukan penambangan pasir sendiri-sendiri, melainkan sudah berkelompok yang jumlahnya diperkirakan mencapai 10 orang dalam perkelompoknya. Sehingga warga sekitar lokasi penambangan yang sebelumnya sempat mengusir mereka, kali ini memilih diam karena tidak berdaya melawan aksi penambang yang bringas.

Yang demikian itu ditengari karena tidak adanya tindakan serius dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Sehingga mereka nekat melakukan aksi penambangan pasir ilegal secara besar-besaran.

Kepala Dusun Pasar Daya, Desa Talango, Kecamatan Talango, Abd Aziz , membenarkan terus berlanjutnya aksi penambangan pasir dikampungnya, yang dilakukan oleh warga luar. Padahal aksi mereka sudah ditentang oleh warga sekitar.

“Aksi penambangan di sini masih terus berlanjut, kali ini aksi mereka tidak hanya sendiri-sendiri, melainkan berkelompok yang jumlahnya kurang lebih sekitar 10 orang dalam tiap kelompok, padahal aksi mereka sudah diprotes oleh warga disini,” katanya.

Anehnya, meski aksi penambangan pasir ilegal sudah dilaporkan pada pemerintah, sampai saat ini belum ada satupun petugas yang diutus pemerintah untuk menangani masalah tersebut. Laporan warga hanya dianggap bahan mainan yang tidak perlu ditindak lanjuti, sehingga para penambang merasa bebas untuk terus melanjutkan aksinya.(tgh/krs)

 

Email Autoresponder indonesia