Pencairan Dana Desa Masih Ditunda

758 views
image

Pemkab Sumenep

Sumenep, maduracorner.com – Pencairan dana desa pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab-) Sumenep, Madura, Jawa Timur, untuk sementara masih ditunda, karena menurutnya masih menunggu revisi Peraturan Pemerintah Nomor 6 Tahun 2014 tentang Dana Desa yang Bersumber dari APBN.

“Pencairkan dana desa, sebenarnya kami sudah siap. Apalagi payung hukumnya sudah ada. Namun, saat ini masih belum bisa dicairkan, karena PP 60/2014 masih akan direvisi,” kata Kabag Pemerintahan Desa Pemkab Sumenep, Moh Ramli.

“Dan kami sudah menyelesaikan penyusunan empat rancangan peraturan bupati (raperbup) terkait dengan pengelolaan keuangan desa. Diantaranya adalah raperbup dana desa. Namun, mau tidak mau, menurutnya perda tersebut harus direvisi juga, karena salah satu payung hukumnya, yakni PP 60/2014 akan direvisi,” jelasnya.

Menurut  Moh. Ramli kondisi yang seperti itu pemerintah memutuskan untuk menunda pencairan dana desa bagi 330 desa di Sumenep.

“Penundaan ini hanya bersifat sementara, karena menunggu revisi PP 60/2014 untuk menghindari hal-hal tak diinginkan,” ujarnya.

“Pemerintah tidak mungkin memaksakan mencairkan dana desa, karena payung hukumnya memang masih akan direvisi,” tambahnya.

Berdasaran data yang dihimpun maduracorner.com pada tahun ini, APBN mengalokasikan dana desa bagi Sumenep sebesar Rp94,8 miliar. Sedangkan Kabupaten Sumenep memiliki 27 kecamatan yang terdiri atas 330 desa dan empat kelurahan.      

Penulis : Ari
                                            
Editor : Gebril Altsaqib

Email Autoresponder indonesia