Pencemaran Sampah Pantai Kwanyar Memprihatinkan

895 views
kondisi pantai kwanyar yang tercemar limbah sampah. foto : aryan/mc.com

kondisi pantai kwanyar yang tercemar limbah sampah. foto : aryan/mc.com

Pencemaran Sampah Di Pesisir Kwanyar | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Kondisi Pantai Kwanyar Barat kecamatan Kwanyar sangat memprihatinkan. Selain abrasi, limbah sampah di kawasan ini sudah mencapai taraf yang sangat mencemaskan. Tidak hanya bau busuk yang menyengat, kondisi itu tentu dapat  menjadi sumber penyakit yang sangat mengganggu aktivitas nelayan.

“Sampah-sampah ini karena ulah warga sendiri yang membuang seenaknya. Sulit untuk melarang mereka karena memang  tidak ada larangan tertulis,” ujar Jufri, salah satu nelayan setempat Senin, (22/7).

Dia juga menuturkan, kebiasaan membuang sampah di laut pesisir kwanyar ini bahkan sudah mentradisi bertahun-tahun lamanya. Memang, sesekali pantai itu akan bersih kembali jika ada ombak pasang dan membawa sampah itu kelaut. Tidak itu tidak bertahan lama karena hampir setiap hari warga yang bertempat tinggal dekat pantai itu membuang sampah disini.

“Jalan satu-satunya mungkin perlu dibuatkan tanda larangan agar tidak membuang sampai disepanjang  pantai tersebut dan tempat pembuangan sampah (TPS) perlu diperbanyak jumlahnya,” ungkap Jufri.

Menanggapi itu, Camat Kwanyar, Anang Yulianto Hari.P saat dikonfirmasi mengatakan kalau soal TPS sebenarnya sudah cukup tapi kalau dianggap masih kurang, nanti diusulkan untuk dibuatkan lagi dan ditambah TPS-nya tidak jauh dari sekitar pantai itu.

“Secepatnya saya akan menemui Kepala Desa Kwanyar untuk membica rakan masalah sampah ini. Bila perlu dibuatkan larangan agar warga sekitar tidak membuang sampah dipantai,” pungkas Anang.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia