Pencemaran Sampah Pesisir Kwanyar Mengkhawatirkan

678 views

 

Bahas persoalan sampah pesisir, LSM lingkungan diminta temukan solusi. foto : nizamuddin/mc.com

Bahas persoalan sampah pesisir, LSM lingkungan diminta temukan solusi. foto : nizamuddin/mc.com

Problem Sampah Pesisir | oleh : nizamuddin

Maduracorner.com, Bangkalan-Kawasan pesisir yang dikenal sebagai ekosistem perairan sudah barang tentu memiliki potensi sumberdaya besar. Namun kini kondisinya sangat memprihatinkan karena menjadi tempat penumpukan sampah dan pembuangan limbah.

Seperti yang terlihat di kawasan pesisir Muara Sungai Desa Kwanyar Barat. Di sepanjang sungai tersebut banyak ditemukan tumpukan sampah, baik sampah rumah tangga maupun sampah industri rumahan.

Selain berdampak pencemaran dan pendangkalan sungai, kondisi itu juga sangat mengganggu aktivitas nelayan.

“Akibat dari ulah manusia yang membuang sampah sembarangan tersebut, selain mengakibatkan pendangkalan pantai, sampah-sampah itu sering nyangkut di jaring nelayan. Jadi mereka menjaring bukan dapat ikan, malah dapat sampah,” kata Soleh Saed, ketua LSM LEPPAS, (Lembaga Pengembangan Pemberdayaan Masyarakat ) disela-sela acara pola penanganan dan pengelolaan sampah pesisir, di pendopo wakil bupati bangkalan, Senin (25/3).

Berangkat dari hal tersebut, dengan  menggandeng PUSDIRA (Pusat Study Madura) dan LSM peduli lingkungan dari Surabaya, Soleh berkeinginan untuk turut serta mencarikan solusi dalam penanganan sampah pesisir, diantaranya dengan cara pengelolaan dan daur ulang sampah.(nzm/krs)

Email Autoresponder indonesia