Penderita ISPA Di Bangkalan Capai 4.929 Orang

609 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) di Bangkalan, Madura, Jawa Timur dalam setiap tahunnya terus meningkat.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bangkalan mencatat sejak Januari- Mei 2020, masyarakat Bangkalan yang terjangkit ISPA sebanyak 4.929 kasus

Jumlah tersebut jika dibandingkan dengan data tahun 2019, sebanyak 3.578 kasus, terhitung sejak bulan Januari – Mei 2020, mengalami peningkatan sebanyak 1.351 kasus.

Kepala Dinas kesehatan melalui Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Bangkalan, Maryamah mengatakan, penyakit ISPA perlu perhatian dan pencegahan, karena memiliki dampak terhadap saluran pernafasan terutama bagi anak usia dini atau balita.

lanjutnya, kata dia, Penderita ISPA pneumonia (radang paru). Biasanya radang paru ini menjangkiti anak usia balita.

“Kalau hanya ISPA di hidung dan tenggorokan tidaklah berbahaya. Kami mengantisipasi agar tidak pnemonia, itu yang lebih mengkhawatirkan,” ungkapnya.

Adapun ciri – ciri penderita pnemonia yakni pernafasan lebih cepat dari ukuran normal (1 menit 20 kali tarik nafas), nafas juga pendek, dan terjadi demam karena terinfeksi bakhteri.

“Jika sudah sesak sudah pasti kuku penderita pnemonia akan membiru. Jadi sebelum menyentuh fase pnemonia, kontrol rutin ketika terjadi masalah pada saluran pernafasan,,” paparnya.

Ia menuturkan, ntuk meminimalisir penderita ISPA, Maryamah menganjurkan penggunaan masker penutup mulut dan hidung ketika beraktifitas di lapangan. Terlebih dengan kondisi Covid-19 saat ini.

“Tahun 2019 tercatat 3.578 penderita ISPA. Penderita meningkat di tahun 2020 yang mencapai 14.362. Sementara hingga Juni tahun ini berjumlah 4.929 penderita,” pungkasnya. (Ris).

Email Autoresponder indonesia