Penderita Kusta di Bangkalan Diobati

887 views
Penderita Kusta Diobati-foto: A Shohib/MC.com

Penderita Kusta Diobati-foto: A Shohib/MC.com

FK Unair Surabaya Lakukan Uji coba Obat baru. I Oleh : A.Shohib

Maduracorner.com,Bangkalan– mahasiwa Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga (FK Unair) Surabaya melakukan ujji coba obat bagi penderita penyakit Kusta di kabupaten Bangkalan. Dalam melakukan uji coba tersebur FK Unair menurunkan 10 orang mahasiwa program pendidikan spesialis kulit (PPDSK).”Obat prednison bagi penderita Ini adalah evaluasi bulan kedua, dan kegiatan ini sudah kami lakukan sejak pertengahan tahun 2012 lalu dan sampai sekarang belum selesai semua,” kata staf doses departeman kulit dan kelamin FK Unair,Dr Linda Astari di Kantor Dinkes Bangkalan, Rabu (23/4)

Dijelaskan dia, pemakian obat Prednison ini bagi masyarakat yang mengalami kelainan saraf dan masih masuk dalam katagori baru minimal sudah terdektsi selama 6 bulan. “Obat prednison biasa kita pakai untuk reaksi kusta namun masih kita teliti berapa lama untuk penanganan syaraf yang masih baru,” jelasnya.

Lebih lanjut dr Linda Astari menjelaskan, program ini merupakan Kerjasama RSUD dr Soetomo Surabaya dengan Royal Tropical Institute (KIT) Nethetlands Belanda. “Targetnya pasian-pasien dari rumah sakit dr Soetomo, mencari pasien dari Madura, Bangkalan dan Sampang, sebanrtnya target kita 75 orang pasien, ternyata. Lebih Jadi 110 pasien,” terangnya.

Dikatakan dr Linda,untuk kontrolnya obat ini membutuhkan waktu yang cukup lama. “Obatnya ini durasinya 8 bulan atau masa pemberian obat bagi penderita kusta yang masih baru dan masih kuran 6 bulan. Nanti setelah diberi obat selama 1 Bulan dievaluasi. Paling tidak evaluasi ini hingga bulan ke 18,” katanya.

Sementara itu Kabid P2PL Dinas kesehatan Bangkalan, Abd Walid Yusuf menjelaskan, untuk pengobatan penderita kusta ini ada persyaratannya. “Tidak semua pasien penderita penyakit kusta yang di obati, tapi ada kreterianya, diantaranya baru 6 bulan dan umurnya dibawah 15 tahun,” pungkas Walid. (shb)

Email Autoresponder indonesia