Penderita Leptospirosis Masih Tinggi, Warga Gotong Royong Basmi Tikus

Pembasmian Tikus         | Oleh   : Muhammad Al

 

 

warga saat membasmi tikus-Foto : Muhammad Al/MC.com

warga saat membasmi tikus-Foto : Muhammad Al/MC.com

Maduracorner.com, Sampang– Untuk mencegah semakin menjangkitnya bakteri yang disebabkan kencing tikus, warga kelurahan Rongtengah kabupaten Sampang, melakukan penyemprotan sarang tikus. Sarang tikus yang ada di belakang rumah warga, dibawah tumpukan bata dan sekitar rumah di semprot dengan obat pembasmi bakteri Leptospira.

Penyemprotan itu dilakukan, karena korban Leptospirosis yang kebanyakan dari warga kelurahan Rongtengah masih tinggi, saat ini sudah ada 61 pasien yang terjangkit wabah Leptospirosis, 17 diantaranya masih menjalani perawatan intensif.

Menurut Lurah Rongtengah, Sugiman. petugas dari kelurahan melakukan penyemprotan di rumah rumah warga, untuk mencegah meluasnya bakteri yang disebabkan kencing tikus ini. “Berbagai upaya telah dilakukan untuk mencegah bakteri ini, seperti membasmi tikus, maupun menyemprot sarang tikus,” ujar Sugiman.

Diduga bateri Leptospira ini, masuk ke tubuh tikus dan keluar lewat kencing tikus. Kencing tikus tersebut kemudian bercampur dengan air banjir dan masuk ke tubuh manusia, melalui luka yang ada di tubuh warga. Hingga hari ini 61 orang sudah terjangkit Leptospirosis, delapan diantaranya meninggal dunia.(al/min)

 

Email Autoresponder indonesia