Penentuan Kelulusan UN SMP 2014 pakai Rumus Baru

819 views
Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Iriyanto-foto: Aryan/MC.com

Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Iriyanto-foto: Aryan/MC.com

Rumus kelulusannya menguntugkan | Oleh : Aryan

Maduracorner.com,Bangkalan – Rumus nilai kelulusan ujian nasional (UN) SMP sederajat tahun 2014 yang baru rumusnya berbeda dengan UN tahun 2013. Perbedaan rumus ini dianggap sangat menguntungkan bagi siswa SMP yang bakal mengikuti UN tahun ini.

“Perubahan tata cara rumus nilai kelulusan UN SMP 2014 tidak sama dengan UN 2013.Tapi rumus ini menguntungkan bagi siswa yang akan mengikuti UN 2014,” ujar Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdik) Bangkalan, Mohni melalui Kasie Kurikulum SMP/SMA/SMK Disdik Bangkalan, Risman Iriyanto, Senin, (10/2).

Risman menjelaskan, pada UN SMP 2013 lalu, nilai kelululusan UN SMP ditetapkan nilai rata- rata ujian sekolah (usek) yang terdiri dari nilai raport sewaktu di kelas IX ditentukan 40 persen ditambah nilai usek 60 persen kemudian dibagi dua, hasilnya menjadi nilai rata-rata usek. Kalau pada UN SMP tahun ini, rumus nilai kelulusannya berubah, yakni nilai rata-rata raport kelas IX pada UN tahun ini ditetapkan 70 prosen ditambah nilai usek 30 prosen, selanjutnya dibagi dua dan menjadi nilai rata-rata usek.

Dikatakan Risman, sedangkan untuk kelulusan UN tetap seperti dulu yakni hasil nilai raport ditambah hasil ujian sekolah atau usek ditetapkan 40 persen dan hasil UN 60 persen lalu ditambahkan kemudian dibagi dua, itulah nilai UN siswa yang sebenarnya.

“Perubahan nilai rata-rata raport yang sebelumnya 30 prosen kemudian dirubah menjadi 70 prosen. Menurut keterangan pusat (Kementerian Disdik RI) sebagai bentuk apresiasi dan penghargaan terhadap nilai raport siswa. Termasuk mempermudah siswa untuk menambah nilai kelulusan UN bagi siswa yang bersangkutan,” ungkapnya.

Untuk mata pelajaran (mapel) UN SMP 2014, lanjutnya, tidak ada perubahan dan tetap seperti tahun sebelumnya yakni terdiri dari Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika dan IPA. Sementara untuk mapel lainnya atau dikatagorikan muatan lokal, pelaksanaannya diserahkan kepada sekolah masing – masing.

“Sudah dua tahun belakangan ini UN SMP di Bangkalan selalu lulus 100 persen. Pimpinan berharap pada tahun ini juga lulus 100 persen. Apalagi kelulusan UN SMP tahun 2014 ini, nilai raport siswa sebagai salah satu penentu kelulusan dinaikan menjadi 70 persen. Sangat menguntungkan karena siswa mempunyai kesempatan untuk memperbesar nilai angka kelulusannya,” pungkasnya. (yan/shb).

Email Autoresponder indonesia