Penerima BSPS DI Kabupaten Bangkalan Menurun

924 views
Penerima BSPS DI Kabupaten Bangkalan

Penerima BSPS DI Kabupaten Bangkalan

Tahun 2014 ini Hanya Dapat BSPS di Dua Kecamatan I oleh. : Agus Budi

Maduracorner.com, Bangkalan– Jumlah penerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun anggaran 2014 dipastikan menurun. Pasalnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Tim Pendamping Masyarakat (TPM) yang ditunjuk langsung oleh Kementrian Perumahan Rakyat (Kemenpera) tengah memverifikasi dua wilayah pengajuan yakni Kecamatan Konang dan Klampis yang dipastikan bakal menerima Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tersebut.

Kepala Dinas PU Cipta Karya dan Tata Ruang kabupaten Bangkalan Ishak Sudibyo, melalui Kepala Bidang Perumahan Penyehatan Lingkungan dan Air Bersih Yudistira Aziz, menjelaskan jika dilihat dari wilayah yang kini tengah diverifikasi itu, dapat disimpulkan bahwa bantuan khusus pada warga yang rumahnya tidak layak huni di Kabupaten Bangkalan mengalami penurunan dibanding 3013 lalu yang jumlahnya mencapai 5 Kecamatan dengan jumlah rumah yang dibedah berkisar 500 rumah.”Untuk jumlah penerima 2014 ini kami belum tahu ya, karena saat ini konsultan (TPM) masih melakukan verifikasi data,” terang Yudistira

Yudistira menjelaskan, terkait pemberian dan pelaksanaan program pusat tersebut pihaknya hanyalah sebatas koordinasi saja.”Jadi mekanismenya itu, dari Pusat (Kemenpera) menunjuk Konsultan yang kemudian membentuk Tim Pendamping Masyarakat (TPM), TPM tersebut yang akan bergerak dilapangan untuk mensurvey para calon penerima manfaat. Dan para konsultan tengah memverifikasi data penerima dan kami tinggal menunggu SK-nya,” jelas Yudistira kemarin (13/5).

Dari hasil verifikasi data konsultan, diketahui dua kecamatan yang diantaranya Kecamatan Klampis yang meliputi dua desa, Desa Tenggun Dajah, Desa Tobaddhung, dan Kecamatan Konang meliputi Desa Sen Asen, Sambiyan dan Desa Campor.”Untuk jumlah anggaran kami belum tahu juga, cuma hasil verikasi yang diajukan ke Kemenpera kemarin ya dua Kecamatan itu,” terangnya.

Dikatakan Yudistira, mengaca pada tahun anggran 2013 lalu, mengenai pelaksanaan program biasanya berlangsung pada bulan Agustus September mendatang.”Biasanya kalau melihat jadwal tahun lalu, Agustus-September pelaksanaannya, untuk yang saat ini kami belum tahu kapan, karena kami masih nunggu SK,” pungkas Yudistira.

Perlu diketahui, tahun 2013 lalu jumlah penerima BSPS Kabupaten Bangkalan sebanyak 745 rumah, tersebar di 5 kecamatan dan Desa. Kecamatan Geger Desa Kompol sebanyak 53 rumah, Banyunning Dajah sebanyak 73 rumah,Kecamatan tanah Merah Desa Pandebeh sebanyak 23 Rumah, Kecamatan Sepulu Desa Gunilap sebanyak 73 rumah, Desa Kelbung 76 Desa, Bangsereh 37, Gengsean sebanyak 50 rumah, Klapayan 47 rumah, Kecamatan Modung Desa Pateraman sebanyak 88 Rumah, Klampis Bulok agung sebanyak 66 rumah, Manunggal 129 Rumah. Kecamatan Burneh Desa Pangolangan sebanyak 30 rumah.(gus/shb)

Email Autoresponder indonesia