Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UTM Bantu Warga Terdampak Pandemi Covid-19

519 views

Bangkalan, Maduracorner.com, Lembaga Pengabdian dan penelitian Masyarakat (LPPM) Universitas Trunojoyo Madura (UTM) melakukan pengadian masyarakat di Desa Dakiring, Kecamatan Socah, Bangkalan. Pengabdian masyarakat itu dilakukan kurang lebih dua bulan. (Juni -July).

Menurut Syamsul Arifin salah satu mahasiswa UTM yang melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Dakiring menyampaikan, kegiatan pengabdian masyarakat dilakukan selama tiga hari setiap satu pekan.

“Karena masih musim pandemi covid-19, kegiatan pengabdian dilakukan setiap hari jumat, sabtu dan minggu. Selama tiga hari kegiatannya menerapkan protokol kesehatan dengan ketat,” ungkapnya, Jumat, (16/07/21).

Dijelaskan Syamsul, selama pengabdian masyarakat di Desa Dakiring telah melaksanakan beberapa kegiatan pengabdian. Seperti kegiatan bakti sosial, belajar mengajar dan sosialisasi peraturan pemerintah daerah nomer 13 tahun 2014 tentang penyertaan modal.

“Sosialisasi Perda tersebut dilakukan secara door to door kerumah warga yang memiliki bisnis tapi kekurangan modal. Diharapkan dengan berbagi pengetahuan tentang perlindungan dan hak bagi masyarakat bawah untuk mendapat permodalan menjadi motivasi tersendiri untuk mengembangkan bisnisnya,” jelasnya.

Dijelaskan Syamsul, Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) kelompok 120 Universitas Trunojoyo Madura langsung dibina oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Fiyan Ilman Faqih, S.Pd., M.Pd.

“Sesuai arahan dari Dosen pembimbing, alhamdulillah kelompok 120 KKNT UTM yang terbagi di dua lokasi Desa yakni di Desa Pernajuh dan Desa Dakiring bisa menyelesaikan pengabdian dengan baik kepada masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu, Dosen Pembimbing Lapangan, Fiyan Ilman Faqih, S.Pd., M.Pd menyampaikan apresiasi terhadap seluruh mahasiswa yang melaksanakan KKN. Sebab, mereka telah berupaya hadir mengabdikan diri dengan baik kepada masyarakat ditengah ancaman pandemi covid-19.

“Saya salut kepada seluruh mahasiswa KKN, khususnya kelompok 120. Walaupun kondisi pandemi yang meningkat kembali, seluruh mahasiswa KKN kelompok 120 tetap semangat menjalankan dan menyelesaikan seluruh program kerja yang sudah dirancang sebelumnya. Tentunya, pelaksanaan program kerja tersebut dilaksanakan dengan protokol kesehatan yang ketat,” Ungkap pria yang juga Dosen di Fakultas Pendidikan Universitas Trunojoyo Madura tersebut.

Dosen muda ini juga berharap kegiatan yang sudah dilakukan mahasiswa UTM di masing-masing Desa memberikan dampak positif terhadap masyarakat. 

“Semoga, kegiatan yang sudah dilakukan memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya masyarakat desa Pernajuh dan Dakiring. Terutama dalam hal pengembangan ekonomi, kesehatan, dan pendidikan,” pungkasnya. (Ris/ari).

banner 468x60)

Posting Terkait

Email Autoresponder indonesia