Pengadaan Listrik di Pulau Giligenting Molor

694 views

Sumenep, maduracorner.com- Pengadaan listrik di pulau Giligenting Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, terancam tidak akan terealisasi secepatnya. Diperkirakan akan terealisasi 10 tahun lagi, dengan alasan pemerintah Daerah minim anggaran.

Sementara menurut Kepala  Energi Sumber Daya Alam dan Mineral ESDM Kabupaten Sumenep, Moh Kahir mengaku untuk pengadaan listrik di kepulauan Giliraja, baru akan terlaksana paling cepat 5 tahun.

“Anggaran APBD tidak mencukupi, dan tidak memungkinkan untuk direalisasikan secepatnya. Dalam pengadaan listrik tersebut akan dilakukan secara bertahap,  untuk tahun pertama pengadaan tiang, tahun kedua juga tiang, tahun ke tiga pengadaan rumah listrik. Dan  Tahun ke empat adalah jaringan, tahun ke lima adalah mesin dieselnya, Insyaallah 5 tahun lagi baru terlaksana,” ungkapnya.

Moh. Kahir mengakui anggaran yang terkumpul, untuk pengadaan listrik di pulau Giliraja kurang lebih 2,6 Milyar tahun 2015. Menurutnya anggaran tersebut masih kurang.

“Anggarannya masih kurang untuk memenuhi pengadaan listrik di Giliraja, sedangkan anggaran APBD hanya bisa menambah kekurangan tiang yang kurang,” ujarnya.

Sedangkan dana CD tersebut akan di bagi dengan pulau Giligenting dan pulau Giliraja, sehingga tidak mencukupi untuk mendanai pengadaan listrik di pulau Giliraja.

“Jadi pengadaan listrik di pulau Giliraja tidak bisa di ambilkan dari dana CD PT Santos karena terlalu kecil, karena hanya CD PT Santos Sebesar Rp 2 Milyar,” ujarnya.
                                         

Penulis : Ari.                                                 Editor : Gebril

Email Autoresponder indonesia