Pengamatan GMT di Pamekasan Dipusatkan di Talang Siring

1060 views

image

Pamekasan, maduracorner.com – Gerhana Matahari Total (GMT) diperkirakan juga akan melintasi Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur pada Rabu (9/3/2016) besok. Namun gerhana matahari hanya bisa dilihat sekitar 86,15 persen.

Menurut data yang dikeluarkan Lembaga Falakiyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur, GMT di Kabupaten Pamekasan bisa dinikmati pada pukul 06.21 WIB sampai 08.40 WIB.

Menyambut Fenomena langka tersebut, komunitas astronomi dan lembaga falakiyah berniat mengadakan kegiatan observasi yang dipusatkan di Pantai Talang Siring Kecamatan Larangan Pamekasan.

Komunitas atronomi yang akan melakukan observasi yakni Komunitas Pelajar Astronomi Pamekasan, sementara organiisasi falakiyah yakni Badan Hisab Rukyat, LFNU serta lembaga falakiyah pesantren.

“Silahkan kalau mau bergabung bersama disediakan teropong dan kaca mata matahari,” kata ketua Komunitas Pelajar Astronomi Pamekasan, Zainal Abidin, Selasa (8/3/2016).

Selain observasi atau pengamatan GMT, juga akan digelar sholat gerhana matahari (sholat kusuf) yang rencananya akan diadakan oleh salah satu perguruan tinggi di Kabupaten Pamekasan.(*)

Reporter : Fatahillah Kamali。      Editor : Altsaqib

Email Autoresponder indonesia