Pengelolaan Dana yang Masuk Ke Desa Butuh Kesiapan SDM

674 views

Dana untuk desa | oleh : Teguh

Maduracorner.com, Sumenep —  Mengantisipasi turunnya dana yang akan dikucurkan ke masing-masing Desa dengan besaran yang  mencapai hingga milyaran rupiah diperlukan kesiapan sumberdaya manusia (SDM) yang ada di Desa, sehingga dana yang diprogramkan untuk membangun Desa betul-betul sesuai dengan harapan masyarakat dan pemerintah.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMP-KB) Kabupaten Sumenep, Ach. Masnuni,  mengungkapkan, agar program pemberdayaan kepada Desa tersebut benar-benar dapat dikelola dengan baik, masyarakat yang didelegasikan untuk memanage anggaran swakelola itu, harus dipilih dari orang-orang yang kridibel dan bertanggung jawab.

“Misalnya seperti yang sudah terlaksana melalui Program Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP), yang dipilih adalah masyarakat yang pilihan yang juga  diberi pelatihan management,” ungkapnya.

Dan juga terang Masuni, harus ada pendampingan yang  selalu melakukan kontrol terhadap pelaksanaan program yang dilaksanakan dibawah. “Tentu dengan formulasi yang tepat sesuai dengan kebutuhan Desa yang bersangkutan,” terangnya.

Masuni mencontohkan, seperti halnya, tingkat kebutuhan dari skala prioritas di Desa dengan melihat profil Desa yang arahnya harus jelas kemana arah perkembangannya. “Selain itu, nantinya juga perlu adanya keterpaduan dari berbagai dana hibah yang masuk ke Desa melalui lintas sektor, sehingga tidak terjadi tumpang tindih program,” pungkasnya. (tgh/lam)

Email Autoresponder indonesia