Penghijauan Terkendala Intentitas Hujan Yang Tak Stabil

324 views

Pamekasan, Maduracorner.com – Rencana penghijauan yang akan dilakukan oleh Pemkab Pamekasan hingga Desember 2014 belum dilaksanakan. Penghijauan hanya dilakukan di beberapa lahan kritis dalam skala kecil.

Kadishutbun Pamekasan, Ajib Abdullah mengungkapkan alasan belum ditanamnya pepohonan yang disiapkan untuk penghijauan tersebut karena intentitas hujan yang belum stabil. Sehingga khawatir tak akan maksimal.

“Kita menunggu intentitas hujan yang tinggi, karena kami khawatir dengan intentitas hujan yang rendah nanti yang baru ditanam akan mati. Karena dalam program ini tidak ada biaya pemeliharaan” katanya, Rabu (04/12/14).

Menurut Ajib, untuk bibit yang disiapkan oleh Pemkab dan bantuan swasta ada sekitar 1 juta bibit diantaranya bibit Mahoni, bibit Sengon, bibit pohon jati dan beberapa jenis tanaman lainnya. Bibit itu sudah disiapkan di beberapa lahan di masing-masing kecamatan.

“Selain bibit itu juga ada pembibitan yang dilakukan oleh masing-masing desa sebanyak 5 ribu bibit perdesa dan dilombakan oleh Bupati,” tambahnya.

Ajib menegaskan, jika intentitas hujan sudah stabil. Maka pihaknya akan segera melakukan penanaman bibit tersebut terutama di turus-turus jalan dan lahan kritis. Diharapkan kemungkinan matinya juga lebih kecil.

Penulis : Fatahillah Kamali.                       Editor : Gebril Altsaqib