Pengiriman Token UN Online Molor, Pihak Sekolah Sempat Panik

733 views
image

UN Online di SMKN 1 Bangkalan


Bangkalan, maduracorner.com – Sistem baru ujian nasional (UN) mulai diterapkan hari ini, senin (13/4/2015). Namun karena relatif sangat baru, sistem ini sempat membuat panik pihak sekolah penyelenggara. Salah satunya adalah keterlambatan pengiriman token soal seperti halnya yang dialami SMKN 1 Bangkalan.

Kondisi tersebut terjadi menjelang UN dilaksanakan. Padahal, token tersebut untuk membuka lembaran soal di komputer masing-masing siswa. Pihak sekolah baru menerima token dari pusat jam 07.25 WIB. Akibatnya, jadwal ujian pun sempat molor dan baru dilaksanakan jam 08.00 WIB.

“Untuk membuka soal itu kan harus ada token. Tidak bisa sembarangan. Nah itu yang mengeluarkan (token) ya dari pusat. Kalau dari jadwal, kami seharusnya menerima token tersebut jam 07.00 WIB”,terang operator UN Online di SMKN 1 Bangkalan, Nurul Hayat kepada maduracorner.com di ruangannya.

“Kami sempat khawatir karena keterlambatan tersebut. Tapi Alhamdulillah, kami akhirnya menerima token tersebut jam 07.25 WIB”,tambahnya.

Selain persoalan telatnya pengiriman token tersebut, nyaris tidak ada halangan berarti. Meski beberapa unit komputer sempat mengalami gangguan, namun bisa cepat teratasi oleh sejumlah tekhnisi atau operator yang sudah disiapkan.

“Kalau kendala lain Alhamdulillah tidak ada. Karena kita sudah melaksanakan beberapa kali try out terhadap pelaksanaan UN Online ini, jadi semua bisa tertangani dengan cepat. Termasuk jaringan internet Alhamdulillah lancer”,ungkap Nurul Hayat.

Sebagai tambahan, sebanyak 252 siswa di SMKN 1 Bangkalan ikut UN Online ini. Ratusan siswa tersebut terbagi dalam empat ruangan kelas.

Sementara khusus di Kabupaten Bangkalan sendiri, hanya ada dua lembaga/sekolah yang menggelar UN Online. Selain SMKN 1 Bangkalan, ujian dengan system baru ini juga dilaksanakan di SMK Nurul Amanah, Tanah Merah. Sedangkan sekolah lain masih melaksanakan ujian dengan sistem yang lama yakni dengan memakai lembaran soal biasa. (mad)

Penulis: Mamad el Shaarawy

Email Autoresponder indonesia