Pengurus BPD 16 Desa di Kwanyar Dilantik

644 views
Tampak puluhan pengurus BPD dilantik Bupati Makmun. foto : aryan/mc.com

Tampak puluhan pengurus BPD dilantik Bupati Makmun. foto : aryan/mc.com

Persiapan Pilkades | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Bupati Bangkalan RK Muh Makmun Fuad melantik pengurus BPD 16 desa di kecamatan Kwanyar, Selasa (17/9) pagi tadi. Pelantikan pengurus BPD tersebut merupakan rangkaian awal untuk mempersiapkan Pemilihan Kepala Desa (pilkades) yang sudah habis masa jabatannya.

“ Pelantikan BPD masa bhakti 2013- 2019 yang sudah dan sedang berjalan di berbagai lintas kecamatan oleh bapak Bupati Bangkalan, adalah dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan pilkades yang sudah habis masa jabatannya,” ujar Kepala Bappemas & Pemdes Bangkalan,Roosli Soeliharjono mendampingi Bupati Bangkalan, R.K. Muh.Ibnu Fuad seusai melantik Pengurus BPD 16 Desa di pendopo Kecamatan Kwanyar, Selasa, (17/9).

Selanjutnya, lanjut Roosli, setelah dilantik mereka (BPD) langsung bekerjasama dengan pejabat sementara (pjs) kepala desa (kades) untuk membentuk panitia pilkades. Bila kesepakatan sudah terbentuk dan para calon dianggap memenuhi syarat untuk diajukan sebagai calon kades. Maka atas rekomendasi camat setempat, proses selanjutnya akan diajukan Bappemas dan Pemdes Bangkalan ke bapak Bupati Bangkalan sebagai decision maker.

“Calon kades tidak boleh tunggal, minimal dua atau lebih,” pungkas Nono-sapaan akrab Roosli.(yan/krs)