Peningkatan Jenjang, Lulusan Kejar Paket Punya Hak Sama

626 views
Kabid.Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Ahcmad Mustaqim. foto : aryan/mc.com

Kabid.Dikluseniraga Disdik Bangkalan, Ahcmad Mustaqim. foto : aryan/mc.com

Legitimasi Ijazah Kejar Paket | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Ijazah kelulusan atas Ujian Nasional (UN) wajib belajar Pendidikan Dasar (Wajar Dikdas) Kegiatan Belajar (kejar) paket A, B dan C diakui sama dengan UN sekolah reguler. Mereka yang lulus juga dianggap memiliki hak yang sama untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi.

Sebagaimana ditegaskan Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Bangkalan M. Mohni, kemarin. Kejar Paket merupakan program khusus dari pemerintah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan hak pelayanan atas pendidikan.

“”Ijazah Kejar Paket A, B dan C  diakui sama dengan ijazah sekolah negeri dan dibolehkan melanjutkan pendidikannya kejenjang yang lebih tinggi,” terang Mohni.

Hanya saja, pengumuman kelulusan UN Kejar Paket A, B dan C, secara nasional tidak berbarengan dengan sekolah reguler atau sekolah negeri.

“Dari pengalaman selama ini, biasanya pengumuman kelulusan khusus untuk Kejar Paket A, B maupun C agak molor atau terlambat 2 atau sampai 3 hari dari pengumuman kelulusan sekolah reguler. Bagi yang tidak lulus ujian kesetaraan, termasuk peserta UN 2013 tingkat SD,SMP dan SMA Sederajat seumpama ada diantaranya yang tidak lulus. Mereka masih diberi kesempatan untuk ikut ujian susulan kesetaraan Paket A,B dan C pada Juli 2013 nanti,” imbuh Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Luar Sekolah, Seni dan Olah raga (Dikluseniraga) Disdik Bangkalan, Ahcmad Mustaqim.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia