Penjual Jasa Tukar Uang Mulai Menjamur

861 views
penjual jasa tukar uang mulai menjamur. foto : aryan/mc.com

penjual jasa tukar uang mulai menjamur. foto : aryan/mc.com

 

Peluang Usaha Musiman Jelang Lebaran | Oleh : Aryan
Maduracorner.com,Bangkalan – Momentum lebaran bagi kaum muslim di Indonesia merupakan hari spesial yang paling ditunggu. Dan salah satu tradisi yang kental salah satunya adalah berbagi angpao yang tentunya memicu perburuan uang kertas baru. Nah, peluang inilah yang kemudian memacu para pengais rejeki yang menawarkan jasa penukaran uang pecahan baru.

“Uang baru Rp 100 ribu pecahan Rp 2 ribu dan Rp 5 ribu saya jual Rp 110 ribu. Sedangkan  pecahan Rp 10 ribu yang jumlahnya Rp 1 juta saya jual Rp 1.100 ribu,” ujar Sunarti, salah satu penjual jasa penukaran uang yang mangkal di traffic light kawasan alun-alun kota Bangkalan.

Menurutnya, peluang usaha jasa penukaran uang baru itu hanya sebatas pekerjaan sampingan. Dan usaha ini dilakukan menjelang lebaran sekedar membantu masyarakat yang butuh uang baru untuk tradisi bagi-bagi angpao ketika hari lebaran.

“Rata-rata dalam seharinya bisa laku Rp 1 juta dengan keuntungan Rp 100 ribu. Tapi menjelang H-3 hingga H-1, omzet bisa bisa meningkat hingga mencapai Rp 5 juta perhari. Imbalan jasa sekitar 10 prosen dari total nominal uang, saya kira sangat sepadan dibandingkan jika menukar sendiri ke bank. Selain capek mengantre, juga rugi waktu,”pungkasnya.(yan/krs)

Email Autoresponder indonesia