Pensyaratan Rumit Jadi Alasan Parpol Lambat Daftarkan Caleg ke KPU

Sumenep, maduracorner.com. Sejumlah Partai Politik di Sumenep, Madura, Jawa Timur berdalih, tidak kunjung menyerahkan berkas pendaftaran Calon Legislatif (Caleg) ke KPU Sumenep, karena terkendala pensyaratan adminitrasi yang dinilai terlalu rumit dan banyak, khususnya bagi caleg yang berasal dari kepulauan.

Sekretaris DPC Partai Demokrat Indra Wahyudi, mengatakan kendala yang dihadapi di internal pertainya, sejauh ini karena pensyaratan adminitrasi yang dirasa terlalu rumit. Salah satunya keterangan dari pengadilan yang sebelumnya tidak ada. Sementara batas waktu yang diberikan terlalu sempit dinilai kurang efektif.

“seandainya diberikan waktu sampai tiga bulan mulai dari penjaringan sampai pendaftaran mungkin bisa dimanfaatkan sebaik mungkin oleh Partai Politik yang ada,” Ujar Indra, Selasa (10/7/2018).

Menurut indra, dengan berbagai pensyaratan yang terlalu rumit itu juga menjadi kendala yang sangat signifikan, khususnya bagi Caleg yang dari kepulauan Sumenep. Pasalnya ketika ada pensyaratan yang belum dilengkapi masih harus bolak balik ke pulau.

“sementara untuk caleg yang dari pulau harus menyesuasaikan dengan jadwal kapal, iya kalau cuaca normal, wong kadang tiba-tiba terjadi cuaca buruk,” Paparnya.

Indra menambahkan, keterlambatan mendaftarkan calon legislatif tidak hanya terjadi di kabupaten kota, tetapi di tingkat pusat sejauh ini juga mengalami hal yang sama. Yang salah satu penyebabnya banyaknya berbagai pensyaratan adminitrasi yang lebih rumit daripada sebelumya.

“ Tetapi kami tetap optimis memenuhi kuota yang ditentukan, karena caleg dari Pertai Demokrat di Sumenep, sejauh ini sudah melampaui batas” dalihnya. (Sai)