Penyebab Manusia Banyak Masuk Surga dan Neraka

774 views

Manusia masuk neraka By : Ibnu Manshur

Capture4_20_22

Maduracorner.com.Bangkalan ~ Surga diciptakan oleh Allah SWT sebagai tempat penuh kenikmatan bagi hamba-hamba-Nya yang ta’at dan sebagai balasan atas kebaikan mereka. Sebaliknya, bagi mereka yang ingkar kepada Allah SWT, disediakan tempat yang penuh dengan kenestapaan dan adzab yang pedih, yaiu neraka.

Banyak hal yang membuat manusia mudah masuk surga. Demikian juga banyak hal yang membuat manusia masuk neraka. Namun, ada 2 hal yag paling banyak menyebabkan manusia masuk surga maupun neraka, yaitu dua lubang (mulut dan kemaluan).

Sebagaimana yang disebutkan dalam sebuah riwayat :

2135 – عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ قَالَ سُئِلَ رَسُولُ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ الْجَنَّةَ فَقَالَ « تَقْوَى اللَّهِ وَحُسْنُ الْخُلُقِ ». وَسُئِلَ عَنْ أَكْثَرِ مَا يُدْخِلُ النَّاسَ النَّارَ فَقَالَ « الْفَمُ وَالْفَرْجُ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ صَحِيحٌ (سنن الترمذى – ج 8 / ص 15)
Diriwayatkan dari Abu Hurairah bahwa Rasulullah Saw ditanya tentang apa penyebab terbanyak manusia masuk surga? Nabi menjawab: “Takwa kepada Allah dan akhlak yang baik”. Rasulullah Saw juga ditanya tentang apa penyebab terbanyak manusia masuk neraka? Nabi menjawab: “Dua lobang, mulut dan kemaluan” (HR at-Turmudzi ia mengatakan hadis sahih).

Email Autoresponder indonesia