Penyuluh KB Diminta Gunakan Pendekatan Agama

645 views
kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kependudukan Keluarga Berencana. foto: teguh/mc.com

kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kependudukan Keluarga Berencana. foto: teguh/mc.com

 

Strategi Optimalkan Penyuluhan KB | oleh : teguh

Maduracorner.com, Sumenep – Bupati Sumenep,  A. Busyro Karim,  mengajak para petugas dan penyuluh lapangan Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Sumenep untuk melakukan penyuluhan kepada masyarakat melalui pendekatan agama. Pendekatan ini dinilai lebih mudah diterima karena dipastikan tidak menyimpang dari akidah agama.

Imbauan tersebut disampaikan Busyro saat membuka kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga tahun 2014, Selasa (24/3) di Hotel Utami Sumekar.

“Sebab, kultur masyarakat, khususnya di Kabupaten Sumenep adalah masyarakat agama Islam, sehingga perlu pendekatan melalui agama untuk menepis persepsi minor masyarakat. Salah satunya soal kekhawatiran jika banyak anak bakal jatuh miskin, punya anak takut tidak bisa sekolah. Karena (Program KB) adalah tentang bagaimana mengatur  jarak kelahiran  anak, agar anak menjadi sehat,” katanya.

Bupati berharap, Musda ini menjadi motivasi bagi penyuluh untuk terus berkarya. Sehingga kegiatan ini tidak hanya sekedar rutinitas tahunan, yang kurang kelihatan hasilnya.(tgh/krs)